jaketkulitgarut.co.id

Situs jaketkulitgarut.co.id yang membagikan informasi dunia teknologi informasi dan komunikasi , dan beberapa tips menarik.

ADMINISTRASI NEGARA DALAM ISLAM

ADMINISTRASI NEGARA DALAM ISLAM

ADMINISTRASI NEGARA DALAM ISLAM

Sebelum membahas lebih jauh terkait administrasi islam, alangkah lebih baik apabila anda mengerti administrasi secara umum terlebih dahulu seperti apa yang sudah dijelaskan di atas. Hal ini dikarenakan administrasi secara teoritis memiliki tujuan yang sama yaitu untuk mengatur.

Administrasi di Negara memiliki arti yang lebih menunjang yaitu sebagai aparatur Negara, sebagai fungsi serta aktivitas dalam Negara, dan sebagai proses teknis penyelenggara UU.

Dengan demikian, maka akan diperoleh gambaran umum terkait administrasi. Di dalam islam juga demikian, adanya administrasi terkait dengan yang disebut sebagai Diwan. Ini sebenarnya memiliki alur yang sama dengan pengertian administrasi Negara yaitu melaksanakan proses pemerintahan, serta di dalam suatu diwan terdapat beberapa bagian seperti:

1. Diwan yang memiliki hubungan dengan rekruitmen serta penggajian tentara.
2. Diwan yang memiliki hubungan dengan perincian tugas serta pekerjaan para pengawas Negara, wilayah dan tempat kewenangannya, serta sistem penggajian juga pemberian tunjangan bagi mereka.
3. Diwan yang memiliki hubungan dengan pengangkatan serta pemberhentian pegawai
4. Diwan yang memiliki hubungan dengan pengaturan terkait pemasukan serta pengeluaran keuangan dalam bait al mal.

Untuk setiap diwan memiliki peraturan tersendiri, peratutan tersebut telah ditentukan dalam institusinya masing-masing. Selanjutnya dalam mengawasi jalannya administrasi tersebut, akan ada sebuah lembaga yang mengatur ketertiban tersebut seperti wilayatul hisbah, merupakan suatu lembaga yang menjaga ketertiban serta penyelesaian kasus sengketa.

Ada juga lembaga wilayatul madzalim yang memiliki tugas sebagai penyelesai masalah sengketa dalam peradilan tata usaha, seperti penyelesaian sengketa antara perorangan dengan lembaga Negara. Di sini fungsi dari wilayatul madzalim adalah:

1. Menyelesaikan kasus terkait kesewenangan pemerintah kepada rakyatnya.
2. Tidak adilnya pemerintah dalam hal pajak
3. Mengawasi keuangan pada biro-biro pemerintahan
4. Menyelesaikan kasus pada pengurangan gaji serta pendapatan pegawai
5. Menangani masalah pengawasan serta pemeliharaan wakaf
6. Menyelesaikan masalah hak milik yang diambil paksa oleh pemerintah
7. Menegakkan keputusan yang telah diputuskan oleh qadhi
8. Mengambil alih wewenang wilayatul hisbah apabila dianggap tidak mampu
9. Bertanggung jawab terhadap pelaksanaan ibadah yang dikerjakan secara kolektif, dan
10. Melakukan pengawasan pengadilan secara umum


Baca Juga :

jaketkulitgarut

Kembali ke atas