jaketkulitgarut.co.id

Situs jaketkulitgarut.co.id yang membagikan informasi dunia teknologi informasi dan komunikasi , dan beberapa tips menarik.

Al-Qushus (Istana)

Al-Qushus (Istana)

Al-Qushus (Istana)

Istana tempat kediaman Kholifah

Raja, Sultan, dan keluarganya berfungsi sebagai pusat pengendalian pemerintahan. Juga digunakan sebagai tempat bagi berlangsung kegiatan pendidikan bagi para putra kholifah, raja, suktan tersebut.maka pelajaran yang diberikan kepada putra-putri raja saja tersebut berkenaan dengan ilmu pengetahuan, peradaban, bahasa sastra, keterampilan berpidato, sejarah kehidupan orang-orang para pahlawan dan orang-orang yang sukses serta keterampilan. Maka pelajaran tersebut diberikan dalam rangka menyiapkan mereka agar mereka benar-benar menjadi seorang pemimpin yang berwawasan pengetahuan yang luas, kepribadian dan akhlak mulia, setelah dirasakan cukup memproleh pendidikan dasar diistan, maka para putra dan raja tersebut dapat memperdalam ilmunya dengan mengikuti kelompok studi (halaqah) yang ada dimasjid atau madrasah.

Karena demikian pentingnya pendidikan istana, maka para raja ikut serta memberikan pengarahan dan pengawasan. Dalam sebuah riwayat pernah menceritakan, bahwa Abd Al- Malik bin Marwan pernah meminta kepada guru anaknya, agar memberikan perhatian sebagai mana ornag tuanya sendiri, agar mengajarkan dan menanamkan sikap jujur sebagaimana yang diajarkan Al-Qur’an, menjauhkan perbuatan dusta yang dapat merugikan manusia, menyediakan senda gura, menghindari perbuatan yang menimbulkan kerusakan. Dijauhkan dan perasaan membenci, memerintahkan agar merawat barang-barang, cara meminum yang benar, dan jika melakukan hal-hal yang bersipat pribadi agar tidak dilihat oleh para siswa.

Seiring dengan perkembanganya industri pabrik kertas perkembangan ilmu pengetahuan baik agama maupun umum. Pada zaman klasik Islam, maka kebutuhan untuk mendokumentasikan ilmu-ilmu tersebut juga berkembang pesat karena demikian besarnya penghargaan pemerintahan yang masyarakat terhadap para penulis buku, maka penulis pembukuan mengalami peningkatan yang luar biasa setiap buku yang ditulis oleh seseorang ulama.


Baca Juga :

jaketkulitgarut

Kembali ke atas