Denny Djuanda : Laporan LKPJ Faktual

Denny Djuanda Laporan LKPJ Faktual

Denny Djuanda : Laporan LKPJ Faktual

Denny Djuanda Laporan LKPJ Faktual
Denny Djuanda Laporan LKPJ Faktual

BANDUNG-Tahapan pembahasan LKPJ, pekan ini sudah memasuki

pembahasan di Pansus. Dari informasi yang dihimpun, pihak legislatif pekan lalu telah melakukan peninjauan ke beberapa lokasi yang menjadi program penyelenggaraan pembangunan yang dilaporkan dalam LKPJ.

Berkenaan dengan uji petik di lapangan, menurut Kepala Bappeda Jabar, Denny Djuanda dilaksanakan uji petik untuk menggali keakuratan data yang disampaikan LKPJ. Dari pihak Pemprov. Jabar tidak keberatan, karena data yang disampaikan dalam LKPJ faktual, laporan sesuai dengan kenyataan yang ada di lapangan, diantaranya soal keberhasilan pembangunan dalam tahun 2014 yang dilaporkan dalam LKPJ.

Akurasi laporan dalam LKPJ, jelas Denny, adalah faktual diantaranya Laju

Pertumbuhan Penduduk (LPP) yang dilaporkan turun.

Laporan LPP, diambil dari laporan data kelahiran, bukan dihitung dari jumlah penduduk. Kalau jumlah penduduk, data dihimpun juga dari data migrasi. Turunnya angka kelahiran, membuktikan program KB sudah berhasil.

Dalam rangka mengatasi lonjakan penduduk, Jabar tinggal mengendalikan migrasi dengan salah satu solusinya pekerja yang datang ke Jabar dari daerah lain harus mempunyai skill di atas rata-rata warga Jabar.

Tentang laporan kemajuan di sektor kesehatan sambung Denny, juga faktual

diantaranya seperti meningkatnya jumlah datang pasien ke rumah sakit. Laporan tersebut, bukan berarti meningkatnya jumlah orang sakit, tetapi karena meningkatnya layanan BPJS. Beberapa tahun lalu, jumlah pasien yang berobat ke rumah sakit lebih kecil, dikarenakan masyarakat masih banyak menggunakan perawatan di rumah, karena layanan gratis kesehatan seperti BPJS belum dimanfaatkan.

Fakta, yang terjadi saat ini, jumlah masyarakat yang menjadi anggota BPJS kesehatan terus meningkat. Sementara itu, berkenaan dengan pembahasan LKPJ, Ketua Fraksi PDI Perjuangan Jabar, Gatot Tjahyono dalam keterangannya secara terpisah mengatakan melalui Pansus LKPJ akan didalami termasuk data faktual.

Untuk menggali laporan LKPJ faktual atau tidak, dilakukan peninjauan ke beberapa lokasi. Apapun yang menjadi temuan, akan disampaikan dalam laporan Pansus.

 

Baca Juga :