Disdik Ajak Orang Tua Pantau Langsung UNBK di Sekolah

Disdik Ajak Orang Tua Pantau Langsung UNBK di Sekolah

Disdik Ajak Orang Tua Pantau Langsung UNBK di Sekolah

Disdik Ajak Orang Tua Pantau Langsung UNBK di Sekolah
Disdik Ajak Orang Tua Pantau Langsung UNBK di Sekolah

Kepala Sekolah SMPN 12 Bandung Rudi Rahadian memberi kesempatan kepada orang tua untuk

memantau kegiatan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Sebanyak 11 orang tua dari perwakilan kelas secara langsung melihat pelaksanaan ujian di sekolah.

Pantauan langsung tersebut dimaksudkan untuk menghilangkan kekhawatiran orang tua terhadap pelaksanaan UNBK. Seperti anak belum siap, kesiapan sarana dan prasarana yang kurang mendukung, gangguan teknis serta pelaksanaan yang dapat merugikan siswa.

Rudi mengatakan, UNBK merupakan harapan dan keinginan besar orang tua kelas 9 termasuk komite sekolah. Menurutnya, banyak orang tua yang mengkhawatirkan pelaksanan UNBK semisal dari gangguan sarana prasarana, gangguan teknis pelaksanaan.

Sehingga, kata Rudi, dalam rangka mengembangkan peran dan fungsi orang tua dan komite sekolah agar

memperoleh gambaran riil tentang UNBK sehingga dapat menjadi bahan refleksi bersama. UNBK dapat menjadi bagian pendidikan karakter bagi siswa dalam mengembangkan nilai kejujuran.

“UNBK dapat menjadi momentum bagi pendidik atau tenaga kependidikan serta orang tua siswa bahwa perubahan zaman dan perkembangan IT adalah bagian yang melekat pada proses pendidikan para siswa,” tutur Rudi saat diwawancarai terkait harapannya setelah pelaksanaan UNBK.

Dan ternyata kekhawatiran orang tua tidak seperti yang dipikirkan. Seperti yang diungkapkan Wartiningsih, orang tua Naila Huaiza Nurrohmah Kelas 9F SMPN 12 Bandung.

“Alhamdulillah kami berkesempatan untuk meninjau langsung pelaksanaan UNBK putra putri kami di SMPN 12 Bandung.

Terima kasih kami ucapkan kepada Disdik Kota Bandung dan seluruh jajaran panitia SMPN 12 yang sudah melakukan terobosan sehingga putra putri kami bisa melaksanakan UNBK di sekolahnya sendiri,” kata Wartiningsih.

Dia memaparkan, hasil dari pantauannya di sekolah, anak anak telihat tenang, tertib dan fokus pada perangkat UNBK. Masing-masing tidak terbebani dengan pelaksanaan UNBK yang berbasis komputer. Bahkan terlihat nyaman.

“Suatu momen yang saya pikir dapat memacu mereka untuk paham dengan IT dan mudah-mudahan semakin membekali mereka untuk menghadapi perkembangan zaman. Secara keseluruhan UNBK berjalan dengan situasi aman, tertib dan lancar. Sebagai orang tua, kami sangat mendukung terlaksananya UNBK,” pungkasnya.

Apresiasi juga datang dari salah satu orang tua peserta didik di SMPN 15 Bandung, Arimartati. Dia diminta pihak sekolah untuk mewakili orang tua murid dan juga sebagian dari wakil orang tua murid masing-masing kelas untuk memantau kegiatan pelaksanaan UNBK.

“Alhamdulillah. Seperti yang tadi saya lihat, untuk pelaksanaan UNBK yang saya saksikan langsung, anak-anak sepertinya tidak nampak wajah tegang sama sekali. Saya pikir karena memang anak-anak zaman sekarang sudah melek dgn IT,” katanya.

 

Sumber :

https://egriechen.info/