jaketkulitgarut.co.id

Situs jaketkulitgarut.co.id yang membagikan informasi dunia teknologi informasi dan komunikasi , dan beberapa tips menarik.

Ekonomi Mikro

Ekonomi Mikro

Ekonomi Mikro
Ekonomi Mikro

Ilmu ekonomi mikro merupakan cabang dari ilmu ekonomi yang mempelajari perilaku konsumen & perusahaan serta penentuan harga-harga pasar dan kuantitas faktor input, barang, dan jasa yang diperjualbelikan.

Ekonomi mikro meneliti mengenai keputusan dan perilaku tersebut mempengaruhi penawaran dan permintan atas barang dan jasa yang akan menentukan harga, dan bagaimana harga menentukan penawaran dan permintaan barang dan jasa. Individu yang melakukan kombinasi konsumsi atau produksi secara optimal, bersama-sama individu lainnya di pasar, maka akan terbentuk keseimbangan dalam skala makro; dengan asumsi bahwa semua hal lain tetap sama.

Contoh ekonomi mikro

Investasi

Investasi lazimnya disebut dengan penanaman modal. Investasi dapat diartikan sebagai pengeluaran atau pembelanjaan para penanam modal atau perusahaan untuk membeli barang modal dan perlengkapan produksi untuk menambah kemampuan memproduksi barang dan jasa yang tersedia dalam perekonomian

Penawaran

Penawaran (supply) adalah jumlah barang dan jasa yang akan dijual (ditawarkan) pada tingkat harga tertentu.
Faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran:
harga barang itu sendiri, karena semakin tinggi harga barang/jasa maka jumlah penawaran akan makin meningkat.
teknologi produksi. Tingkat kemajuan teknologi mempengaruhi penawaran
munculnya produsen baru. Kemunculan produsen baru di pasar akan menambah jumlah barang yang akan ditawarkan
harga faktor-faktor produksi. Naik dan turunnya harga faktor produksi akan mempengaruhi jumlah penawaran
harapan atau ekspektasi produsen.

Hukum penawaran yang berlaku pada keadaan ceteris paribus, semakin rendah harga barang, maka semakin sedikit juga jumlah barang yang akan ditawarkan, begitu juga sebaliknya.

Permintaan

Permintaan (demand) mencerminkan jumlah produk barang/jasa yang ingin dibeli dengan jumlah dan harga tertentu. Permintaan sendiri memiliki beberapa bentuk yaitu:
permintaan efektif : permintaan yang didukung dengan daya beli dan keinginan.
permintaan potensial : permintaan yang didukung dengan daya beli hanya saja belum melaksanakan pembelian.
permintaan absurd : permintaan yang tidak didukung dengan daya beli.

Faktor yang mempengaruhi permintaan yaitu

  • harga barang itu sendiri
  • selera
  • pendapatan
  • jumlah penduduk
  • harapan atau ekspektasi
  • harga barang lain yang berhubungan.

Bunyi hukum permintaan : jumlah barang atau jasa yang diminta akan bertambah jika harga turun dan akan berkurang jika harga naik pada periode tertentu, ceteris

Baca juga:

jaketkulitgarut

Kembali ke atas