jaketkulitgarut.co.id

Situs jaketkulitgarut.co.id yang membagikan informasi dunia teknologi informasi dan komunikasi , dan beberapa tips menarik.

ELABORASI PERASAAN MORAL DARI LICKONA

ELABORASI PERASAAN MORAL DARI LICKONA

Perasaan Moral

  1. Hati Nurani/ Nurani

Defenisi : nurani memiliki dua sisi: sisi kognitif- pengetahuan tentang apa yang baik-dan sisi emosional-merasa wajib melakukan apa yang wajib.

Pengalaman belajar: berlatih menghadapi kasus-kasus yang menuntut individu mengekspresikan nuraninya adalah sebuah pengalaman belajar yang penting. Latihan ini akan terbentuk salah satunya melalui stimulasi yang mendorong individu mengekspresikan nuraninya. Diskusi kasus-kasus penggunaan atau pengabaian nurani adalah juga pengalaman belajar yang penting.

Hasil belajar: hasil belajar yang otentik adalah kapasitas untuk merasa bersalah dan merasa wajib untuk perbuatan moral. Pada tataran lebih rendah, ekpresi-ekspresi nurani ini melalui kata-kata.

  1. Harga diri

Defenisi : ini adalah kemampuan merasa bermartabat karena memiliki kebaikan atau nilai luhur. Studi-studi menunjukkan bahwa anak-anak dengan harga diri yang tinggi lebih resisten terhadap tekanan dari teman-teman sebaya dan lebih mampu mengikuti putusan mereka sendiri. Ketika kita menilai positif diri kita sendiri,  maka kita lebih mungkin memperlakukan orang lain dengan cara positif. Bagian dari tantangan pendidik adalah membantu anak-anak mengembangkan harga diri positif yang didasarkan atas nilai-nilai seperti tanggungjawab, kejujuran dan kebaikan hati.

Pengalaman belajar: perbuatan baik sering kali membuat kita merasa senang karena melakukannya.

Hasil belajar: individu yang puas dengan dirinya sendiri dalam perbuatan baik dan sebaliknya, meras tidak senang dalam perilaku buruk.

sumber :
http://blog.dinamika.ac.id/arya/2020/06/06/kinemaster-pro/

jaketkulitgarut

Kembali ke atas