Extra Show Expo, Kenalkan Potensi Siswa SLB ke Masyarakat

Extra Show Expo, Kenalkan Potensi Siswa SLB ke Masyarakat

Extra Show Expo, Kenalkan Potensi Siswa SLB ke Masyarakat

Extra Show Expo, Kenalkan Potensi Siswa SLB ke Masyarakat
Extra Show Expo, Kenalkan Potensi Siswa SLB ke Masyarakat

SLBN A Kota Bandung berkolaborasi dengan SLBN Cicendo selenggarakan acara bertajuk ‘Extra Show Expo Siswa Tunarungu dan Tunanetra’, Minggu, 28 Oktober 2018. Bertempat di Car Free Day Dago, Jalan Ir. H. Djuanda nomor 151,   Kota Bandung, kegiatan tersebut juga merupakan bagian dari peringatan hari Sumpah Pemuda ke 90. Lewat kegiatan tahunan ini, diharapkan masyarakat lebih mengenal tentang potensi siswa berkebutuhan khusus.

Kegiatan ini berisi beranekaragam kesenian yang ditampilkan oleh para Siswa, antara lain karnaval, marching band, pembacaan sumpah pemuda, upacara adat serta penampilan gamelan, angklung, rampak gendang, vokal grup, band, tari, pantomim dan modelling.

Kepala Sekolah SLBN A Kota Bandung, Wawan menuturkan, kegiatan tersebut bertujuan

untuk memberikan wadah pengembangan sekaligus menunjukan  eksistensi siswa SLB yang memiliki potensi dan prestasi.

“Ini adalah salah satu bentuk nyata penyelenggaraan pendidikan sebagai proses kemanusiaan danmenumbuhkan rasa nasionalisme. Juga dalam rangka memberikan kesempatan kepada setiap peserta didik untuk tumbuh dan berkembang menjadi manusia berbudaya dan beradab sekaligus menunjukkan eksistensi, potensi, dan prestasi mereka,” tutur Wawan.

Dia pun menambahkan, kegiatan tersebut pun berlandaskan semangat sumpah pemuda yang bertepatan dengan waktu penyelenggaraan. “Berbuat tanpa tapi, lakukan tanpa nanti untuk disabilitas dengan semangat Sumpah Pemuda,” tutur Wawan.

Setara

Hal senada pun diungkapkan oleh Kepala Sekolah SLBN Cicendo, Heryanto Amuda.

Ia mengatakan, Melalui Extra Show ini diharapkan dapat memberikan  wawasan, penyadaran kepada masyarakat luas sehingga keberadaan anak berkebutuhan khusus mendapat perlakuan yang sama seperti warga negara lainnya.

“Selain itu juga memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menunjukan bakat minat dan mengekspos hasil karya peserta didik, serta bersosialisasi, memberikan penyadaran kepada masyarakat mengenai dunia anak berkebutuhan khusus, tunanetra, tunarungu,” kata Heryanto.

Salah satu guru SLBN A Kota Bandung,  Noviardi Tupan menuturkan,

acara ini memberi dampak yang baik guna memperkenalkan potensi siswa berkebutuhan khusus kepada khalayak.

“Biasa mereka tampil di tempat tertutup, lewat acara ini, tampil di tempat umum saya kira mampu memberi pesan kepada masyarakat bahwa ternyata siswa berkebutuhan khusus juga memiliki potensi dan bakat,” tutur Noviardi.***

 

Sumber :

https://miralaonline.net/segitiga-bermuda/