jaketkulitgarut.co.id

Situs jaketkulitgarut.co.id yang membagikan informasi dunia teknologi informasi dan komunikasi , dan beberapa tips menarik.

Fungsi Al-Qur’an

Fungsi Al-Qur’an

Fungsi Al-Qur’an
Fungsi Al-Qur’an

al-Qur’an yang Agung ini memiliki beberapa fungsi. Adapun fungsi al-Qur’an adalah sebagai berikut:

a) Petunjuk bagi seluruh umat manusia

Sudah sangat familiar sekali di telinga para pemeluk agama yang ḫanîf (Islam) yang sering membaca tentang buku-buku keislaman dan atau yang sering mendengarkan kajian atau ceramah-ceramah keagamaan bahwa al-Qur’an berfungsi sebagai petunjuk bagi seluruh manusia. Sebagaimana yang dijelaskan oleh al-Qur’an sendiri:
ذالك الكتابُ لا ريبَ فيه هدى للمتّقين (2)
“Kitab (al-Qur’an) itu tidak ada keraguan di dalamnya, sebagai petunjuk bagi orang-orang yang bertaqwa”[28]
ولو جعلْنـه قرآنا أعْجميّا لَقالوا لولا فصِّلتْ أياته ءأعجميّ و عربيّ قل هو للذين أمنوا هدىً و شفاءٌ و الذين لا يؤمنون فى أذانهم وقرٌ و هو عليهم عَمىً ألئك يُنادَوْنَ من مكانٍ بعيدٍ
“dan jikalau kami jadikan al-Qur’an itu sebagai bacaan dalam bahasa selain Arab, tentulah mereka mengatakan: mengapa tidak dijelaskan ayat-ayatnya? Apakah (patut al-Qur’an) dalam bahasa asing sedang (Rasul adalah orang) Arab? Katakanlah: al-Qur’an itu adalah petunjuk dan penawar bagi orang-orang mu’min. Dan orang-orang yang tidak beriman pada telinga mereka ada sumbatan, sedang al-Qur’an itu satu kegelapan bagi mereka. [29]Mereka itu adalah (seperti) yang dipanggil dari tempat jauh”.
هذا بيانٌ للنّاسِ و هدىً و موْعظةٌ للمتّقين
“ini (al-Qur’an) adalah penerangan bagi seluruh manusia dan petunjuk serta pelajaran bagi orang-orang yang bertaqwa”.
Hakim Muda Harahap juga menyatakan hal serupa, bahwa al-Qur’an adalah mu’jizat yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW dan merupakan petunjuk bagi umat manusia.

Selain mengandung petunjuk, al-Qur’an juga mengandung teladan bagi umat Islam untuk mencapai kehidupan yang bahagia di dunia dan di akhirat nanti.[33]
Fungsi yang pertama ini menurut Quraisy Shihab adalah fungsi yang utama. Karena fungsi utama buku panduan hidup dan panduan bekal hidup (al-Qur’an) adalah memberikan arahan atau tutorial (petunjuk).

Petunjuk yang dimaksud adalah petunjuk agama, atau biasa disebut dengan syari’at. Di dalamnya berisi aturan yang boleh dilalui atau dilakukan dan yang tidak boleh dilalui atau dilakukan oleh umat manusia, dengan tujuan agar manusia dapat mencapai kebahagiaan di dunia dan di akhirat.

b) Sumber pokok ajaran Islam

Sebagai sumber pokok ajaran Islam, al-QUr’an tidak hanya berisi ajaran yang berkaitan dengan hubungan manusia kepada Allah, tetapi juga berisi ajaran tentang sosial ekonomi, akhlak/moral, pendidikan, kebudayaan, politik, dan sebagainya. Dengan demikian, al-Qur’an dapat menjadi Way of Life bagi seluruh umat manusia.

Baca Juga: doa sebelum belajar

c) Sebagai pembenar dan verifikator terhadap Kitab-Kitab sebelumnya

Pendapat penulis ini didasarkan pada firman Allah SWT:
و أنزلْنا إليك الكتابَ بالحقّ مصدِّقا لِما بين يديه من الكتاب و مهيمِنا عليه فاحْكم بينهم بما أنزل الله ولا تتبعْ أهواءَهم عمّا جاءَك من الحقّ لكلّ جعلنا منكم شِرْعة و مِنهاجا ولو شاء اللهُ لجعلكم أمّة واحدة ولكن ليبلوَكم فى ما أتكم فاستبقوا الخيرات إلى الله مرْجِعُكم جميعا فينبّئكم فيه تختلفون
“dan kami telah turunkan kepadamu al-Qur’an dengan membawa kebenara, membenarkan apa yang sebelumnya. Yaitu Kitab-Kitab (yang diturunkan sebelumnya) dan batu ujian[38] terhadap Kitab-Kitab yang lain. Maka putuskanlah perkara mereka menurut apa yang Allah turunkan dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu mereka dengan meninggalkan kebenaran yang telah datang kepadamu . untuk tiap-tiap umat di antara kamu[39], kami berikan aturan dan jalan yang terang. Sekiranya Allah menghendaki, niscaya kamu dijadikan-Nya satu umat (saja), tetapi Allah hendak menguji kamu terhadap pemberian-Nya kepada kamu, maka berlomba-lombalah berbuat kebajikan. Hanya kepada Allahlah kembali kamu semuanya, lalu diberitahukan-Nya kepada kamu apa yang telah kamu perselisihkan itu.”

jaketkulitgarut

Kembali ke atas