jaketkulitgarut.co.id

Situs jaketkulitgarut.co.id yang membagikan informasi dunia teknologi informasi dan komunikasi , dan beberapa tips menarik.

 Fungsi Komunikasi Dalam Jaringan

 Fungsi Komunikasi Dalam Jaringan

 Fungsi Komunikasi Dalam Jaringan

Fungsi komunikasi dalam jaringan ialah berfungsi untuk menjalin hubungan dengan orang lain dalam jarak tertentu, antara lain :

1)      Sebagai Informasi.

Komunikasi membantu proses penyampaian informasi yang diperlukan individu dan atau kelompok untuk mengambil keputusan dengan meneruskan data dan menilai pilihan-pilihan alternative.

2)      Sebagai Kendali.

Komunikasi bertindak untuk mengendalikan perilaku anggota dalam beberapa cara, setiap organisasi mempunyai wewenang dan garis panduan formal yang harus dipatuhi oleh karyawan.

3)      Sebagai Motivasi.

Komunikasi membantu perkembangan motivasi dengan menjelaskan para karyawan apa yang harus dilakukan bagaimana mereka bekerja baik dan apa yang dapat dikerjakan untuk memperbaiki kinerja jika itu di bawah standar.

4)      Pengungkap Emosional.

Bagi sebagian komunitas, mereka memerlukan interaksi social, komunikasi yang terjadi di dalam komunitas itu merupakan cara anggota untuk menunjukkan kekecewaan dan rasa puas. Oleh karena itu, komunikasi menyiarkan ungkapan emosional dari perasaan dan sebagai alat untuk memenuhi kebutuhan social.

Komunikasi data seperti halnya orang yang saling berkomunikasi, yang melibatkan komponen : pesan, pengirim, media dan penerima.

2.5. Tujuan Komunikasi Dalam Jaringan.

1)      Memungkinkan pengiriman data dalam jumlah besar secara efisien, ekonomis dan tanpa kesalahan.

2)      Dukungan pengendalian jarak jauh, sehingga memungkinkan pengguna mengendalikan komputer dan perangkat dari jarak jauh.

3)      Penggunaan komputer secara terpusat ataupun tersebar, sehingga mendukung manajemen dalam hal kontrol, baik desentralisasi ataupun sentralisasi

4)      Memudahkan pengelolaan, pengaturan pengaturan data antara dua perangkat atau lebih.

2.6. Komponen Pendukung Komunikasi Dalam Jaringan

  1. Hardware/perangkat keras.

Perangkat yang bentuknya dapat dilihat atau diraba oelh maunusia. contoh : komputer, headset, microphone, dan perangkat pendukung koneksi internet

  1. Software.

Program komputer yang berguna untuk menjalankan suatu pekerjaan yang dikehendaki. Software digunakan sebagai perantara antara perangkat keras (hardware) dengan pengguna (brainware).

  1. Brainware.

Brainware adalah pengguna software ataupun hardware untuk berkomunikasi dalam jaringan.

BAB III

PENUTUP

3.1. Kesimpulan

Komunikasi Dalam Jaringan (daring) adalah proses penyampaian pikiran atau gagasan dari seseorang ke orang lain yang dilakukan melalui dunia maya. Jenis-jenis komunikasi daring berdasarkan metode penyampaiannya.

o   Komunikasi sinkron, jika komunikasi terjadi dalam waktu serempak.

o   Komunikasi asinkron, jika komunikasi terjadi secara tunda.

Komunikasi Daring adalah cara berkomunikasi di mana penyampaian dan penerimaan pesan dilakukan dengan atau melalui jaringan Internet. Komunikasi yang terjadi di dunia semu tersebut lazim disebut ko munikasi di dunia maya atau cyberspace.

Perkembangan pertama komunikasi daring dimulai pada tahun 1960-an, ketika peneliti Amerika mengembangkan protokol yang memungkinkan mengirim dan menerima informasi atau pesan melalui komputer (Hafner & Lyon, 1996). Protokol tersebut dinamakan ARPANET, yang diluncurkan pada tahun 1969, akhirnya berkembang menjadi Internet. Internet berasal dari interconnected networks yang disingkat menjadi Internetwork, atau Internet, yang digunakan oleh sekitar 200 juta orang di seluruh dunia pada pergantian millennium ke-3.

1.2. Saran

Semoga makalah ini dapat bermanfaat untuk kita semua, dan penggunaan Komunikasi Dalam Jaringan (daring) lebih bisa bermaanfaat lagi. Bagi siswa penerus bangsa marilah kita banyak-banyak belajar terutama dalam belajar Simulasi Digital (SIMDIG), terutama mengunakan Komunikasi Dalam Jaringan (daring), karena apabila kita banyak belajar kita bisa tahu bagaimana cara berbuat sesuatu. Oleh karena itu marilah kita semangat belajar dalam kehidupan kita sehari-hari, hindarilah penggunaan komunikasi dalam jaringan (daring) untuk hal-hal yang tidak bermanfaat.

sumber :

jaketkulitgarut

Kembali ke atas