Ini Persyaratan Administrasi Beasiswa Tiongkok

Ini Persyaratan Administrasi Beasiswa Tiongkok

Ini Persyaratan Administrasi Beasiswa Tiongkok

Ini Persyaratan Administrasi Beasiswa Tiongkok
Ini Persyaratan Administrasi Beasiswa Tiongkok

Seleksi beasiswa pemerintah Tiongkok atau Chinese Government Scholarship (CGS)

dikenal memiliki persyaratan administrasi yang tidak terlalu sulit. Salah satu penerima beasiswa CGS 2016 dari Indonesia Putra Wanda membeberkan tahapan seleksi administrasi CGS. Yang harus disiapkan adalah satu fotocopy application form.

Form dapat diunduh dari , satu fotocopy surat rekomendasi dari pimpinan atau professor di Indonesia (Important), satu ijasah dan transkrip akademis yang dilegalisir dan di terjemahkan (sworn Translator), sebuah Strong Study Plan di Tiongkok (Important), satu fotocopy surat kesehatan yang dikeluarkan oleh rumah sakit pemerintah (asli harus dibawa oleh peserta apabila lulus) dengan format sesuai foreign physical examination form, fotokopi passport yang masih aktif, dan TOEFL/IELTS yang masih berlaku.

’’Bila lolos nanti akan ditanggung biaya study (tuition), biaya tempat tinggal (lodging), asuransi kesehatan (health insurance), dan biaya hidup (living allowance) yang besarannya terggantung jenjang study,’’ ujar Putra.

Awardee CGS 2016 lainnya Putri A Safitri menambahkan, sedangkan biaya-biaya yang tidak ditanggung oleh beasiswa adalah pembuatan visa Tiongkok untuk pelajar, biaya tiket penerbangan ke kota tujuan di Tiongkok, dan biaya medical check up.

’’Untuk tempat tinggal tidak usa khawatir, biasanya universitas telah menyipkan asrama tersendiri yang dikhususkan untuk internasional students yang terpisah dengan asrama atau dorm untuk pelajar atau mahasiswa dari Tiongkok.

Jika tidak mau tinggal di dorm atauasrama maka pihak kampus akan memberikan biaya untuk menyewa apartment,’’ papar Putri. Di Tiongkok juga, sebenarnya tidak sulit untuk mencari restoran-restoran halal di Tiongkok, restoran tersebut biasanya dikelolah oleh Muslim Hui dari Xinjiang yang mayoritas beragama muslim.

Dan, setiap universitas pasti menyediakan kantin-kantin halal yang juga di kelola oleh Muslim Hui asal Xinjiang.

Yang perlu diperhatikan juga, Tiongkok itu luas sekali, jangan tertipu dengan peta. Iklim Tiongkok bagian utara sangat dingin sekali jika dipandingkan dengan Tiongkok bagian selatan.

Di Tiongkok bagian selatan malah masih beriklim tropis yang sangat panas seperti iklim di Indonesia pada umumnya panas dan kering. Hal ini bertolak belakang untuk Tiongkok bagian utara, di Tiongkok bagian utara seperti Harbin di musim dingin suhu bisa jeblok hinga -30, dan di musim panas hanya berkisar 15 derajat celcius.

Jadi jika mendapatkan univeritas di Tiongkok bagian utara, disarankan bawa beberapa jaket musim dingin

yang tebal dan beberapa baju yang hangat untuk menjaga tubuh tetap hangat. Jika kalian mendapat universitas di Tiongkok bagian selatan seperti kota Guangzhou kalian tidak perlu repot mempersiapkan pakaian khusus. Karena kota Gunagzhou beriklim tropis seperti Indonesia. (*)

 

Sumber :

https://danuaji.kinja.com/ways-to-spread-environmental-education-online-1835886285