jaketkulitgarut.co.id

Situs jaketkulitgarut.co.id yang membagikan informasi dunia teknologi informasi dan komunikasi , dan beberapa tips menarik.

Jaringan Rumah

Jaringan Rumah

Jaringan Rumah

Jaringan komputer rumah telah sama populernya seperti perusahaan TV kabel dan perusahaan telepon yang memasarkan modem untuk koneksi Internet “broadband.” Jika anda memiliki TV kabel, Anda mungkin dapat membeli sebuah modem kabel sehingga Anda dapat mengakses Internet melalui kabel yang membawa sinyal TV kerumah Anda. Perusahaan telepon menjual modem DSL (digital subscriber line). Baik modem kabel maupun DSL dapat membawa akses Internet berkeceparan tinggi ke rumah Anda.

Pemasangan modem dirumah yang memiliki lebih dari satu komputer mikro memiliki gerbang berkecepatan tinggi keinternet melalui modem kabel dan DSL. Cara membagi koneksi untuk beberapa komputer yaitu dengan menggunakan sebuah router nirkabel. Modem akan tersambung ke router, dan router akan tersambung kekomputer melalui sebuah jaringan nirkabel.

Keamanan nirkabel harus memiliki jarak sekitar 100 meter didalam sebuah bangunan, karena adanya dinding dan halangan-halangan lainnya. Jarak diluar ruangan kurang lebih tiga kali lebih jauh. Ini artinya bahwa pengguna-pengguna lain dengan kartu jaringan nirkabel akan dapat terhubung kerouter jaringan nirkabel anda jika mereka tinggal atau bekerja dekat dengan anda. Sehingga ketika memasang router, kemungkinan seseorang akan memasang sandi untuk membatasi jaringan nirkabelnya.

Fitur lain yang perlu dinyalakan adalah enkripsi data yang dikirimkan diantara komputer mikro dan router nirkabel. Enkripsi adalah proses mengamankan suatu informasi dengan membuat informasi tersebut tidak dapat dibaca tanpa bantuan khusus. Data yang telah terenkripsi akan ditulis dalam kode sandi sedemikian rupa, sehingga kecil kemungkinan seseorang akan dapat membaca imformasi yang dikirimkan melalui jaringan nirkabel.

Keamanan Komputasi Rumah

Tiga aspek keamanan memiliki arti yang penting bagi komputer mikro yang digunakan dirumah dan ditempat kerja, yaitu:

Pembaruan. Terdapat dua jenis perbaruan (update), yang penting bagi pengguna individu. Yaitu update untuk sistem oprasi dan untuk peranti lunak aplikasi. Microsoft Windows adalah sistem oprasi yang paling populer bagi komputer mikro. Meng-update sistem oprasi penting bagi keamanan dan efisiensi. Aplikasi peranti lunak menambahkan fitur-fitur baru, jika tidak meng-update mungkin tidak dapat mempergunakannya sama sekali. Karena sistem operasi adalah program-program komputer yang mengendalikan sumber daya peranti keras dan peranti lunak, para hacker mencoba terus menerus untuk menipu dan memasukan peranti lunak yang berbahaya kedalam komputer. Sehingga lakukanlah update sistem oprasi yang digunakan.

Virus. Virus komputer adalah program-program komputer kecil yang menggandakan diri dengan memasukan diri mereka ke dalam sumber daya komputer seperti program atau file yang lama-kelamaan dapat mengambil alih sumber daya komputer karena begitu banyak program dan file yang terinfeksi dan tidak dapat dipergunakan kembali.

sumber :

 

jaketkulitgarut

Kembali ke atas