jaketkulitgarut.co.id

Situs jaketkulitgarut.co.id yang membagikan informasi dunia teknologi informasi dan komunikasi , dan beberapa tips menarik.

KELANJUTAN PERJANJIAN BONGAYA

KELANJUTAN PERJANJIAN BONGAYA

KELANJUTAN PERJANJIAN BONGAYA

Pada 1672

Aru Palaka dinobatkan sebagai Sultan Bone. Impiannya menjadi kenyataan. Sosok Aru Palaka memang hanya meminta haknya kembali sebagai pewaris tahta Bone. Kemudian, ia pun membebaskan Bone dari penguasaan Gowa dan membalaskan dendamnya, meskipun dengan cara yang tidak bisa memuaskan semua pihak.

Setelah kekalahan yang diderita oleh Kerajaan Gowa dan pada akhirnya mundur Sultan Hasanuddin dari benteng Somba Opu ke benteng Kale Gowa, maka usaha Speelman memecah belah persatuan kerajaan Gowa terus dilancarkan.

Usaha ini berhasil, setelah diadakan “pengampunan yang umum”. Siapa yang mau menyerah, maka akan diampuni oleh Belanda. Beberapa pembesar kerajaan pun akhirnya menyatakan menyerah. Karaeng Tallo dan Karaeng Lengkese juga menyatakan tunduk pada Perjanjian Bungaya.

Sultan Hasanuddin sudah mengucap sumpah tidak akan sudi bekerja sama dengan penjajah Belanda. Pada tanggal 29 Juni 1669, Sultan Hasanuddin akhirnya meletakkan jabatan sebagai Raja Gowa ke-16 setelah selama 16 tahun berperang melawan penjajah dan berusaha mempersatukan kerajaan Nusantara.


Baca Juga :

jaketkulitgarut

Kembali ke atas