jaketkulitgarut.co.id

Situs jaketkulitgarut.co.id yang membagikan informasi dunia teknologi informasi dan komunikasi , dan beberapa tips menarik.

Kelemahan Konseling Kelompok

Kelemahan Konseling Kelompok

Bertolak pada kelebihan-kelebihan konseling kelompk di atas, dapat disimpulkan pula beberapa kelemahan sebagai berikut:

  1. a)jika konseling kelompok dilaksanakan oleh orang yang tidak professional, maka tujuan konseling tidak akan tercapai;
  2. b)jika ada individu anggota kelompok yang tidak normal atau memiliki permasalahan emosional yang serius, maka ia akan bersikap pasif atau bahkan dapat mengganggu berlangsungnya konseling kelompok.
  3. c)dengan latar belakang budaya dan bahasa yang berbeda, individu anggota kelompok sulit untuk membangun relasi dirinya dengan orang lain.
  4. d)jika ada individu anggota kelompok yang membuka rahasianya rekan anggota kelompoknya di luar kegiatan kelompok maka akan merugikan individu anggota kelompok yang bersangkutan.
  5. e)dalam dinamika kelompok, tidak semua individu anggota kelompok menyampaikan permasalahannya bila dipandang sangat rahasia.
  6. f)jika ketua kelompok tidak disiplin, tidak menetapkan aturan yang jelas dalam dinamika kelompok, atau meninggalkan kelompok maka kelompok akan menjadi kacau, tidak terarah dan tidak akan tercapainya tujuan.
  1. Permainan Kelompok pada Konseling Kelompok

Salah satu kegiatan untuk menimbulkan dinamika dalam kelompok adalah adanya permaianan. Permaianan yang dilakukan dalam bimbingan kelompok yang praktikan laksanakan adalah permaian “Kata Berangkai” dan dalam konseling kelompok adalah “ Bisik berangkai” dengan prosedur :

  1. a)   Permaian Bimbingan Kelompok “ Kata Berangkai “

Waktu         : ± 10 menit

Kelompok   : Baik dilakukan dengan jumlah anggota 10 orang atau lebih namun bisa disesuaikan dengan keadaan jumlah anggota dalam kelompok yang pada waktu itu berjumlah  7 orang.

Fungsi permaianan  : melatih kecepatan berfikir, membentuk dinamika dalam keompok.

Peralatan    :Tidak ada peralatan yang digunkan hanya memerlukan arena bermaian.

Langkah bermaian

  1. Praktikan memberitau peserta tentang nama permainan yaitu “kata berangkai”.
  2. Praktika memberikan keterangan cara permainan yaitu permaian dilakukan dengan merangkai kata dengan merangkai huruf akhir dalam kata dibuat kata baru dengan contoh anak huruf terakhirnya “k” berarti kita merangkai kata yang berawalan “k” yaitu kadal dan seterusya. Dalam permaian bila ada anggota yang tidak bisa melanjutkan kata dalam waktu 5 detik di akhir acara diminta untuk menunjukan kebolehanya atau bakat dan hobi seperti menyanyi.menari,main musik dan lainya.

sumber :

https://www.dosenmatematika.co.id/seva-mobil-bekas/

jaketkulitgarut

Kembali ke atas