Klasifikasi Basil Menurut Dinding Sel, Flagel, Dan Cara Hidupnya

Klasifikasi Basil Menurut Dinding Sel, Flagel, Dan Cara Hidupnya

Klasifikasi Basil Menurut Dinding Sel, Flagel, Dan Cara Hidupnya

Klasifikasi Basil Menurut Dinding Sel, Flagel, Dan Cara Hidupnya
Klasifikasi Basil Menurut Dinding Sel, Flagel, Dan Cara Hidupnya

Ada banyak spesies dan spesies kuman di bumi. Jumlah tersebut diperkirakan bahkan mencapai ratusan ribu. Jika semua kuman ini tidak diklasifikasikan, akan sulit bagi kita untuk mengidentifikasi bagaimana sifat dan karakteristik kuman yang ada. Oleh sebab itu, kuman tersebut kemudian diklasifikasikan berdasarkan karakternya. Di sini, kita akan membahas wacana bagaimana referensi penjabaran kuman yang lengkap.

Klasifikasi Bakteri

Klasifikasi kuman sanggup dilakukan berdasarkan 3 karakteristik, yaitu berdasarkan dinding sel, jumlah dan lokasi flagelnya, dan berdasarkan cara hidup.

Ada banyak spesies dan spesies kuman di bumi Klasifikasi Bakteri Berdasarkan Dinding Sel, Flagel, dan Cara Hidupnya + Contoh Gambar
Klasifikasi Bakteri

1. Klasifikasi Bakteri berdasarkan Karakter Dinding Sel

Dinding sel kuman merupakan salah satu materi unik yang membedakan kuman dari organisme lain di bumi. Dari dinding sel ini kita bisa mengklasifikasikan dua jenis bakteri, yaitu kuman gram positif, kuman gram negatif dan kuman berdinding non-sel. Sistem penjabaran kuman ini pertama kali dilakukan oleh Hans Christian Gram.

a. Bakteri gram negatif

Bakteri gram negatif yaitu sekelompok kuman yang dinding selnya mempunyai lapisan peptidoglikan yang tebal dan bisa menyerap warna violet dari lingkungan. Contoh kuman gram negatif meliputi:
Azotobakteria yaitu kuman tanah yang bisa memperbaiki nitrogen dari udara dalam kondisi aerobik.
Bakteri ungu yaitu kuman yang bersifat fotoautotrof dan tidak menghasilkan oksigen.
Cyanobacteria yaitu kuman fotosintetik yang biasanya hidup di ekosistem danau, kolam renang, dan ekosistem bahari yang tenang. Beberapa spesies kuman ini diketahui memperbaiki nitrogen dari udara.
Enterobakteria yaitu kuman yang membusuk yang hidup dalam organisme mati menyerupai membusuk tumbuhan atau tubuh hewan.
Chlamydia yaitu golongan kuman yang dinding selnya tidak mengandung peptidoglikan. Bakteri ini umumnya bertindak sebagai benalu atau hidup dengan mengambil energi dari inangnya. Contoh gram kuman negatid ini yaitu Chlamydia trachomati, penyebab penyakit kebutaan pada insan dan hewan.
Mixobacteria yaitu kuman yang mengeluarkan lendir untuk bergerak dengan cara menggeser. Bakteri ini umumnya tidak mempunyai flagela.
Pseudomonas yaitu kuman heterotrofik yang bisa menghasilkan pigmen non fotosintesis. Pseudomonas termasuk kuman berbahaya sebab sanggup mengakibatkan beberapa penyakit pada tanaman, hewan, dan manusia.
Rhizobium yaitu kuman yang hidup simbiosis dengan akar akar nodul (legum). Bakteri ini bisa memperbaiki nitrogen di udara dan sering dipakai dalam bioteknologi pertanian.
Ricketsia yaitu kuman berbentuk batang kecil (coccus) yang merupakan patogen pada insan dan hewan.
Spirochets yaitu kuman dengan dinding sel yang fleksibel, berbentuk spiral, dan bergerak dengan filamen aksial (seperti struktur menyerupai bendera). Contoh kuman bakteri gram negatif ini yaitu Treponema pallidum.
Vibrio yaitu kuman yang hidup di ekosistem bahari sebagai bioluminescence. Contoh kuman ini yaitu Vibrio cholerae.

b. Bakteri gram positif

Bakteri gram konkret yaitu sekelompok kuman yang dinding selnya mempunyai lapisan peptidoglikan tipis dan bisa menyerap warna merah dari lingkungan. Contoh kuman gram konkret meliputi:
Actinobacteria yaitu kuman dengan sifat menyerupai jamur dan pada dinding selnya tidak tertutup oleh membran ini. Contoh kuman ini yaitu genus streptomyces yang menghasilkan antibiotik streptomisin.
Bakteri asam laktat yaitu kuman yang menghasilkan asam laktat melalui proses fermentasi gula. Wajar saja, kuman ini hidup di verbal manusia.
Klostridium yaitu kuman yang mengakibatkan tetanus (Clotridium tetani) dan penyakit botulinum (Clostridum botulinum).
Mycobacteria yaitu kuman dengan dinding sel yang mengandung lilin. Contoh kuman gram konkret menyerupai Mycobacterium tuberculosis Tubercolosis (TB).
Staphylococcus yaitu kuman patogen yang mengakibatkan penurunan kekebalan tubuh manusia. Biasanya mereka hidup di kulit dan hidung.
Streptokukos yaitu kuman yang hidup di verbal dan susukan pencernaan binatang dan manusia.

c. Bakteri Tidak Berdinding Sel

Tidak banyak kuman yang masuk ke kelas ini. Namun, satu referensi bisa kita lihat di Mikoplasma. Bakteri ini yaitu kuman benalu yang biasanya hidup di tanah atau susukan insan namun tidak mengakibatkan penyakit.

Sumber: https://www.seputarpengetahuan.co.id/2017/11/pengertian-integritas-fungsi-tujuan-manfaat-ciri-ciri-pribadi.html