jaketkulitgarut.co.id

Situs jaketkulitgarut.co.id yang membagikan informasi dunia teknologi informasi dan komunikasi , dan beberapa tips menarik.

Komponen Asesmen

Komponen Asesmen

Komponen yang dipantau melalui aspek perkembangan anak, yaitu:

  1. Aspek Perkembangan Fisik Motorik
  2. Motorik kasar antara lain meliputi

1)      Memenjat tali, tangga, panjatan;

2)      Berlari;

3)      Melompat;

4)      Menendang bola;

5)      Menangkap bola;

6)      Bermain lompat tali;

7)      Berjalan pada titian keseimbangan.

  1. Motorik halus meliputi:

1)      Menarik resleting;

2)      Mengancing baju;

3)      Menggunting pola;

4)      Mengikat tali sepatu;

5)      Mewarnai pola;

6)      Makan dengan sendok;

7)      Menyisir rambut, dan menggambar.

  1. Organ sensor meliputi:

1)      Mendengarkan perintah guru dari jauh;

2)      Melihat tullisan atau bagan di papan tulis dari jauh;

3)      Mengenali berbagai benda dalam kotak tanpa melihat;

4)      Mampu membedakan bernagai macam rasa;

5)      Mampu mengenali berbagai macam bau;

6)      Menyebutkan warna benda;

7)      Menyebutkan ciri-ciri objek dari observasi.

  1. Kesehatan badan antara lain meliputi:

1)      Seimbang antara tinggi dan berat badan;

2)      Aktif dan lincah;

3)      Catatan kehadiran baik;

4)      Mampu menggunakan berbagai alat permainan di luar kelas.

  1. Aspek Perkembangan Kognitif
  2. Informasi/pengetahuan figurative meliputi:

1)      Mengenal nama-nama warna:

2)      Mengenal nama berbagai benda yang ada dirumah dan fungsinya;

3)      Mengenal nama bagian0bagian tubuh;

4)      Mengenal nama dan alamat:

5)      Mengenal nama anggota keluarga, teman, dan guru.

  1. Pengetahuan prosedur/operatif antara lain meliputi:

1)      Menjelaskan bagaimana  cara pergi dan pulang sekolah;

2)      Menjelaskan cara menggunakan berbagai peralatan dirumah atau disekolah;

3)      Mampu membandingkan dua objek atau lebih;

4)      Menghitung, menata, mengurutkan dan mengklasifikasikan;

5)      Mengidentifikasi masalah, mencari alternative pemecahan, memecahkan masalah sederhana:

6)      Mampu ke toilet, memakai baju, dan akan sendiri.

  1. Pengetahuan temporal dan spesial meliputi:

1)      Mengetahui nama hari dan tanggal

2)      Mengetahui waktu (siang, sore, malam, kemarin, besok), musim, dan cuaca;

3)      Mengenal lokasi (diatas, dibawah, disamping, kanan, kiri, tinggi, rendah);

4)      Mengenal kecepatan (cepat, lambat).

  1. Pengetahuan dan pengingat memori meliputi:

1)      Mengingat alfabet;

2)      Mengingat nama-nama teman;

3)      Mengingat nama hari.

  1. Aspek perkembangan moral
  2. a)Mengenal aturan sekolah
  3. b)Mengenal sopan santun
  4. c)Mengenal otoritas
  5. Aspek perkembangan sosial
  6. Interpersonal meliputi:
  7. a)Mampu bermain bersama teman
  8. b)Mau bergantian dan antre
  9. c)Mengikuti perintah dan petunjuk guru
  10. d)Mampu berteman, berkomunikasi, dan membantu teman.
  11. Personal

1)      Mau merespon fan menjawab pertanyaan guru

2)      Mampu mengekspresikan diri dikelas

3)      Percaya diri untuk bertanya, mengemukakan ide, dan tampil

4)      Mandiri saat makan, bekerja, dan memakai pakaian.

5)      Mau ditinggal atau tidak ditunggui orang tua disekolahan.

  1. Aspek perkembangan emosi
  2. Menunjukkan rasa sayang pada teman, orang tua, guru
  3. Menunjukkan rasa empati dan menolong teman
  4. Mengontrol emosi dan agraris, tidak melukai atau menyakiti teman.
  5. Kemampuan dalam disiplin ilmu
  6. Matematika atau berhitung

1)      Menghitung benda 1-5

2)      Menghitung benda 1-10

3)      Menghitung benda lebih adari 10

4)      Mengenal angka 1-5

5)      Mengenal angka 1-10

6)      Menjumlahkan benda sampai 5

7)      Menjumlahkan benda sampai 10

  1. Sains

1)      Kemampuan observasi(pengindraan), mampu mengamati berbagai gejala benda dan peristiwa.

2)      Mengomunikasikan hasil observasi dan ide

3)      Kemampuan klasifikasi, mengelompokkan benda berdasarkan  ciri-cirinya.

4)      Menyatakan bilangan untuk menyatakan lebih banyak, lebih besar

5)      Menggunaka ruang dan waktu

6)      Menghubungkan sebab dan akibat

7)      Melakukan inferensi

  1. Pengetahuan sosial

1)      Mengenal nama teman

2)      Memiliki teman bermain lebih dari satu

3)      Menghargai pendapat orang lain

4)      Menunjukkan rasa empati

5)      Menunjukkan kemampuan mematuhi aturan.

  1. Bahasa

1)      Mampu berkomunikasi dengan orang dewasa dan orang lalin

2)      Mampu mengomunikasikan ide melalui drama, bermain, atau tulisan

3)      Mengenal huruf, memiliki kosa kata cukup, dan menunjukkan perkembangan membaca.

  1. Seni

1)      Mampu mengekspresikan ide melalui gambar

2)      Mampu mengeksspresikan diri melalui drama

3)      Mampu mengikuti lagu dan senang bernyanyi.

POS-POS TERBARU

jaketkulitgarut

Kembali ke atas