jaketkulitgarut.co.id

Situs jaketkulitgarut.co.id yang membagikan informasi dunia teknologi informasi dan komunikasi , dan beberapa tips menarik.

Konsep Dasar Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS)

Konsep Dasar Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS)

Konsep Dasar Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS)

            Konsep Dasar terbentuknya OSIS terbagi dalam dua periode gerakan organisasi kesiswaan (Soetopo, 1989) yaitu sebelum dan sesudah tahun 1996 (lahirnya orde baru). Kehidupan organisasi kesiswaan sebelum tahun 1966 dipengaruhi oleh banyak partai politik yang berusaha mencari simpati masyarakat, termasuk para pelajar. Keadaan ini membuat siswa terkotak-kotak dalam berbagai aliran atau golongan, yang satu sama lain saling mencurigai sehingga menimbulkan konflik antar kelompok siswa.  Saat orde baru lahir, masyarakat yang mendukung gerakan tersebut menggabungkan diri dalam  berbagai kesatuan aksi. Maka muncul Kesatuan Aksi Sarjana Indonesia (KASI), Kesatuan Aksi Mahasiswa Indonesia (KAMI), Kesatuan Aksi Pemuda dan Pelajar Indonesia (KAPPI). Sejalan dengan situasi itu, dibentuklah Kompi Pelajar Serba Guna (kijarsena) di sekolah. Setelah kondisi memungkingkan, maka ditetapkan hanya ada satu jenis organisasi siswa di sekolah yaitu Organisasi Siswa Intra Sekolah yang disingkat OSIS.

            Jadi nama organisasi intra sekolah bagi para siswa disebut OSIS. Dasar dari organisasi ini adalah Pancasila dan UUD 1945. Asas OSIS adalah kekeluargaan dan kegotong royongan yang mengedepankan musyawarah  mufakat dalam menjalankan roda organisasinya. OSIS berperan besar dalam menyediakan wahana aktualisasi dan ekspresi bebas para siswa sesuai dengan bakat dan potensi besarnya, baik berupa seni, olah raga, sains, jurnalistik, teknologi, sastra, pramuka, keagamaan dan lainnya. Oleh sebab itu, sekolah menyediakan guru sebagai dewan penasihat OSIS untuk membimbing berjalannya organisasi ini secara regular, misalnya dengan cara memberikan pelatihan administrasi, manajemen, kepemimpinan dan sebagainya.

            Secara semantic, dalam Surat Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor 226/C/Kep/0/1992 disebutkan bahwa organisasi kesiswaan di sekolah adalah OSIS dengan pengertian sebagai berikut:

  1. Secara umum organisasi dalam hal ini dimaksudkan sebagai satuan atau kelompok kerjasama para siswa yang dibentuk dalam usaha mencapai tujuan bersama, yaitu mendukung terwujudnya pembinaan kesiswaan.
  2. Siswa adalah peserta didik pada satua pendidikan dasar dan menengah.
  3. Intra berarti terletak di dalam dan di antara. Jadi OSIS merupakan suatu organisasi siswa yang ada di dalam dan lingkunga sekolah yang bersangkutan.
  4. Sekolah adalah satuan pendidika tempat penyelenggara kegiatan belajar mengajar.
  1. Tujuan dan Fungsi Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS)

            Berdasarkan pada latar belakang sejarah lahirnya dan berbagai situasi menurut  Asmani (2012) OSIS dibentuk dengan tujuan pokok sebagai berikut:

  1. Menghimpun ide, pemikiran, bakat, kreativitas, dan minat para siswa ke dalam salah satu wadah yang bebas dari berbagai macam pengaruh negative dari luar sekolah.
  2. Mendorong sikap, jiwa, serta semangat untuk kesatuan dan persatuan di antara para siswa, sehingga timbuk satu kebanggaan untuk mendukung peran sekolaah sebagai tempat terselenggaranya proses belajar mengajar.
  3. Sebagai tempat sarana para siswa untuk berkomunikasi serta menyampaikan pemikiran dan gagasan dalam usaha untuk mematangkan kemampuan berpikir, mengembangkan wawasan, dan pengambilan keputusan.

      Sedangkan tujuan khusus yang ingi dicapai OSIS antara lain, sebagai berikut:

  1. Meningkatkan generasi penerus bangsa yang beriman dan bertakwa
  2. Memahami serta menghargai lingkungan hidup dan nilai moral dalam menumbuhkan rasa indah dan halus sebagai dasar pembentukan karakter budi pekerti luhur
  3. Membangun landasan kepribadian yang kuat, hormat kepada orang tua dan guru, serta menghargai HAM dalam konteks kemajuan budaya bangsa.
  4. Membangun, mengembangkan wawasan kebangsaan, rasa cinta tanah air, dan tetap menjunjung tinggi budaya nasioal dalam era globalisasi

sumber :

REDDEN v1.35 Apk for android

jaketkulitgarut

Kembali ke atas