Kontinuitas didalam Laporan Keuangan yang Dikonsolidasikan

Kontinuitas didalam Laporan Keuangan yang Dikonsolidasikan

Kontinuitas didalam Laporan Keuangan yang Dikonsolidasikan

Kontinuitas didalam Laporan Keuangan yang Dikonsolidasikan

Laporan keuangan konsolidasi

Laporan keuangan konsolidasi diperlukan apabila salah satu perusahaan yang bergabung memiliki kontrol terhadap perusahaan lain, dan sebaliknya laporan keuangan konsolidasi tidak diperlukan apabila satu perusahaan tidak memiliki kontrol terhadap perusahaan lain. Artinya, jika tidak memiliki hak kendali (control) yang lebih, maka mereka adalah badan usaha mandiri, artinya mereka masing-masing akan membuat laporan keuangan yang sendiri-sendiri dan tidak mungkin untuk digabungkan, ditambahkan atau yang sejenisnya. Jadi, tidak ada maksud untuk membuat sebuah laporan keuangan konsolidasi.

Laporan Keuangan yang Dikonsolidasikan

Adanya kontinuitas yang dimaksud adalah saldo rekening-rekening yang tercantum dalam neraca konsolidasi pada suatu saat merupakan kelanjutan dari pada saldo rekening-rekening sama dalam neraca konsolidasi yang disusun pada akhir periode sebelumnya. Atau dapat diusut kembali melalui berbagai mutasi yang telah terjadi sebagai akibat transaksi dalam perusahaan afiliasi untuk periode akuntansi yang bersangkutan ke saldo rekening-rekening yang sama dalam neraca konsolidasi pada akhir periode sebelumnya.

Penggunaan modal

Berdasarkan tabel dapat disimpukan bahwa laporan sumber dan penggunaan modal yang baik lebih cenderung ke PT. Indosat Tbk karena laporan sumber dan penggunaan modal yang dihasilkan lebih besar dari PT. XL Axiata Tbk. Hal ini berarti PT. Indosat mampu mengoperasikan kegiatan operasionalnya dengan baik.

Sumber : https://www.dosenpendidikan.co.id/