jaketkulitgarut.co.id

Situs jaketkulitgarut.co.id yang membagikan informasi dunia teknologi informasi dan komunikasi , dan beberapa tips menarik.

Krisis Wabah Corona, Ini Persiapan untuk Bekerja dari Rumah

Krisis Wabah Corona, Ini Persiapan untuk Bekerja dari Rumah

Krisis Wabah Corona, Ini Persiapan untuk Bekerja dari Rumah

Krisis virus corona juga berefek ke Tanah Air. Presiden Joko Widodo

dan beberapa kepala daerah telah memberi pengumuman untuk mulai mengurangi aktivitas di luar rumah dan mengimbau agar melakukan pekerjaan dari rumah atau Work From Home (WFH).

Penyebaran virus corona yang cepat telah membuat pemerintah meliburkan sekolah selama dua pekan. Setelah dua pekan akan dievaluasi kembali. Pelaku usaha mengakali agar produktivitas tidak berkurang drastis dengan metode WFH.

Pakar keamanan siber, Pratama Persadha melihat ini momentum pemerintah dan swasta untuk mengadopsi teknologi yang mendukung WFH. Ada faktor keamanan dan kemudahan yang harus diperhatikan sehingga produktivitas tetap terjaga.

“Pertama yang harus dilakukan perusahaan dan pemerintah adalah edukasi

keamanan siber paling mendasar untuk para pegawai. Misalnya bagaimana mengamankan email, akun medsos dan wifi di rumah. Juga imbauan untuk tidak memakai wifi publik saat mengakses sistem kantor,” jelas Ketua Lembaga Riset Siber Indonesia CISSReC (Communication & Information System Security Research Center) ini, Senin (16/3).

Pratama menambahkan, harus ada pengecekan keamanan pada device atau perangkat yang dipakai para pegawai untuk WFH. Minimal ada anti virus dan VPN sebagai tambahan keamanan. Pada tingkat lebih lanjut, pegawai juga harus dilengkapi oleh sistem yang lengkap dengan enkripsi, sehingga data terlindungi.

“Keamanan adalah hal yang paling utama disamping kemudahan pemakaian.

Karena itu perlu dilakukan audit password dan juga memastikan update OS pada perangkat yang dipakai. Hal ini melengkapi pemakaian VPN dan anti virus untuk keamanan,” terang pria asal Cepu Jawa Tengah ini.

Pratama menjelaskan, ini momentum tepat untuk melatih negara dan swasta di Tanah Air menggunakan teknologi cloud secara luas. WFH sangat membutuhkan pemakaian cloud. Untuk skala menengah kecil penggunaan cloud yang gratis dan basic sudah cukup. Ada dropbox, mycloud dan berbagai cloud lokal di tanah air.

 

sumber :

https://rollingstone.co.id/seva-mobil-bekas/

jaketkulitgarut

Kembali ke atas