Laptop Terbaik untuk Pengeditan Video

Laptop Terbaik untuk Pengeditan Video

Laptop Terbaik untuk Pengeditan Video

Laptop Terbaik untuk Pengeditan Video
Laptop Terbaik untuk Pengeditan Video

Mendalami pengeditan video untuk pertama kalinya? Mencoba mencari tahu pilihan laptop yang paling baik untuk pengeditan video? Berikut ini beberapa saran. Jangan dimulai dengan laptop, dimulai dengan Anda.

Bahkan sebelum Anda mulai melihat kecepatan clock mikroprosesor, memori internal vs. eksternal, dan semua spesifikasi lain yang dapat Anda bandingkan dari satu laptop dengan lainnya. Analisis spesifikasi Anda. Apa jenis video yang akan Anda edit? Apa produk akhir yang Anda inginkan?

Jika Anda merekam film dokumenter untuk Sundance Film Festival*, itulah salah satu persyaratan. Mendokumentasikan putri pertama Anda yang sedang belajar berenang dan mengedit sedikit di tempat jempol Anda terlihat? Sekarang, itu menuntun ke persyaratan yang lain.

Apa yang Benar-Benar Anda Butuhkan?

Anda harus memikirkan tentang proyek pengeditan video mendatang karena satu alasan sederhana: Biaya. Spesifikasi lebih tinggi, seperti layar resolusi tinggi, kecepatan pengolahan yang cepat, dan kapasitas memori lebih besar mungkin lebih disukai, tapi juga lebih mahal. Jika berpikir ke depan, Anda bisa membeli apa yang Anda perlukan sekarang dan merencanakan perluasan nantinya. Berikut adalah beberapa area tertentu yang perlu dipertimbangkan:

Konten Anda

Pilihan laptop Anda akan sangat terpengaruh oleh video yang ingin Anda hasilkan. Misalnya, jika Anda membuat video sosial untuk mempromosikan bisnis, Anda memerlukan kemampuan untuk membuat lapisan teks di beberapa klip. Kapabilitas pengeditan audio canggih dan pembicara yang baik akan membuat perbedaan besar saat mengedit rekaman dari konser terbaru band Anda. Proyek seni, di sisi lain, mengutamakan representasi warna akurat yaitu pada resolusi tinggi.

Bagaimana Anda akan bekerja

Anda akan bekerja di bawah tekanan waktu? Maka kecepatan yang paling penting. Jika Anda terus-menerus di jalan, Anda mungkin merasa bobot dan daya tahan baterai yang lebih penting.

Perangkat eksternal

Perangkat eksternal, seperti monitor, perangkat masukan, atau penyimpanan ekstra, harus dihubungkan ke laptop pengeditan video. Anda harus memastikan memilih jenis yang tepat, misalnya, HDMI, dan jumlah input yang benar.

Perangkat lunak

Pengalaman pengeditan Anda bergantung pada pencocokan perangkat lunak yang Anda perlukan ke perangkat keras yang diperlukannya. Tidak semua perangkat lunak berjalan di semua laptop. Pertimbangkan preferensi perangkat lunak pengeditan video Anda sebelum membuat pilihan perangkat keras.

Menavigasi Spesifikasi

Setelah mengetahui kebutuhan, Anda bisa mulai belanja. Anda akan menghadapi berbagai macam spesifikasi yang mengagumkan. Tes yang digunakan untuk membuat spesifikasi ini tidak hanya rumit, tapi sering kali kontroversial. Menemukan laptop terbaik untuk pengeditan video bukan tentang spesifikasi; tapi tentang kecocokan. Selalu pertimbangkan ini selagi mempertimbangkan spesifikasi.

Prosesor
Kecepatan adalah pendukung Anda menyangkut prosesor untuk pengeditan video. Untuk mengetahui apa yang sebenarnya tercepat tidak semudah membandingkan durasi 0 ke 60 mph untuk mobil. Menentukan prosesor terbaik berarti menjelaskan seberapa penting desain prosesor bagi pekerjaan Anda. Apakah Anda memerlukan enam inti? Atau empat inti? Atau apakah dua inti akan memenuhi kebutuhan Anda? Bagaimana dengan hyper-threading? Bahkan jika Anda tidak ingin sedetail itu, ini kiat mudah untuk diikuti: Semakin tinggi laju clock prosesor dari kelompok prosesor mana pun, semakin baiklah prosesor itu. Sekarang, laju clock untuk kandidat teratas berkisar dari 2,8 GHz hingga 3,6 GHz, tetapi angka itu berubah secara teratur.

RAM (Random Access Memory)
RAM penting karena merupakan tempat CPU masuk untuk mendapatkan data yang digunakan untuk pengeditan video. Semakin cepat pertukaran data yang terjadi, semakin cepat Anda bisa mengedit. Sebagian besar pakar sependapat bahwa Anda memerlukan minimal 12 GB, 16 GB lebih baik. Selain itu, ada tiga jenis RAM—SDRAM, DDR, dan DRAM. SDRAM adalah teknologi tertua, dan akanmemperlambat Anda. Akhirnya, sistem mungkin memiliki satu, dua, atau tiga saluran yang menghubungkan RAM ke CPU. Tiga saluran jelas yang tercepat, tetapi pengujian terkait game (yang memiliki tantangan serupa dengan mengedit) menunjukkan bahwa jumlah saluran tidak memiliki efek besar. Dan lagi, jumlah RAM yang besar mengalahkan pertimbangan lain.

Satu pengecualian. Jangan menganggap Anda dapat meningkatkan jumlah RAM pada masa mendatang. Beberapa laptop mengizinkannya, tapi beberapa tidak.

Kartu Grafis
Kecuali Anda berencana untuk melakukan pengeditan video dengan kualitas yang sangat rendah, Anda pasti menginginkan laptop dengan kartu grafis. Untuk alasan teknis, sistem untuk pengeditan tingkat menengah pun melakukan offload pemrosesan grafis dari CPU ke kartu grafis dengan GPU (unit pemrosesan grafis). Anda harus menghindari laptop yang tidak melakukan pendekatan ini. Laptop akan menjadi terlalu lamban. Selain itu, perhatikan bahwa beberapa program perangkat lunak pengeditan video merekomendasikan (atau bahkan mewajibkan) kartu grafis tertentu atau variasi kartu dalam satu merek, dan beberapa kartu grafis hanya kompatibel dengan CPU tertentu. Lebih baik Anda memeriksanya.

Spesifikasi tingkat tinggi utama untuk kartu grafis adalah kecepatan clock GPU dan bingkai per detik (fps) per dolarnya. Namun, kartu grafis sangat rumit dan spesifikasi ini harus dipertimbangkan dalam konteks keseluruhan laptop. Misalnya, CPU yang lambat akan memperlambat kartu grafis, tak peduli seberapa cepat kartu tersebut.

Port
Laptop untuk pengeditan video bervariasi secara signifikan dalam jumlah dan jenis port yang dimilikinya untuk perangkat eksternal seperti monitor atau hard drive. Sangat penting untuk berpikir ke depan tentang item apa yang Anda butuhkan atau mungkin dibutuhkan ke depannya, karena jika tidak ada port untuk item tersebut, berarti Anda kurang beruntung.

Audio
Jika konten Anda melibatkan musik atau suara sekitar yang penting, mendengarnya dengan akurat sangatlah penting. Speaker di beberapa laptop secara dramatis lebih baik dari yang lain. Anda tidak perlu spesifikasi untuk mengevaluasinya; telinga Anda akan melakukannya dengan baik. Banyak editor lainnya lebih suka mendengarkan dengan headphone, yang hampir selalu lebih baik dibandingkan speaker laptop. Untuk video yang audionya penting, pertimbangkan untuk menambahkan speaker referensi eksternal.

Penyimpanan
Sebagai aturan umum, Anda memerlukan dua kali lipat kapasitas hard drive sebagai ukuran file sumber—bahkan tiga kali lebih banyak jika Anda mempercantik video Anda, seperti banyak efek khusus. Tapi jangan lupa, Anda tidak hanya perlu menyimpan file sumber untuk mengedit, Anda juga harus menyimpan video akhirnya. File video memakan banyak ruang; 500 GB mungkin minimal, dan 1 TB adalah persiapan yang lebih aman.

Untungnya, Anda tidak perlu hanya mengandalkan ruang penyimpanan yang tersedia di laptop. Hard drive eksternal dapat membantu memaksimalkan kapasitas penyimpanan serta menjaga biaya tetap terjangkau. Untuk hard drive itu sendiri, Anda dapat memilih antara hard drive standard (HDD) dengan cakram berputar, dan solid-state drive (SSD), yang lebih cepat dan tidak memiliki komponen bergerak. Namun, SSD, lebih mahal. Solusi hibrida bisa memberi Anda yang terbaik dari keduanya: SSD terpasang yang cepat untuk menangani file kerja dengan HDD eksternal yang besar untuk penyimpanan.

Anda juga harus memikirkan antarmuka antara hard drive eksternal dan laptop. Anda tidak ingin tertahan setiap beberapa menit sambil menunggu file ditransfer. Ada beberapa opsi, mulai dari 6 Gbps (USB 3.1) sampai 40 Gbps. (Thunderbolt). Semakin banyak file yang akan ditarik dari hard drive Anda, semakin penting angka ini.

“Saat Anda mengedit video, terdapat satu ton elemen yang memperebutkan ruang di layar.”

Christopher St. John, direktur kreatif independen.

Panel LCD
Ada tiga jenis panel LCD, dan tipe yang Anda pilih membuat perbedaan besar.

  • Panel TN (Twisted Nematic) adalah jenis yang umum dan murah, tetapi ada barang ada rupa, ini adalah pilihan yang salah untuk mengedit video
  • Panel IPS (In-Plane Switching) adalah pilihan yang disukai
  • IGZO (Indium-Gallium-Zinc-Oxide) adalah opsi yang jarang, mahal, dan kualitas tertinggi bagi videografer profesional

Resolusi
Resolusi adalah spesifikasi yang cukup jelas dengan beberapa tingkat yang tersedia, semua ditentukan oleh lebar kali tinggi (LxT) dalam piksel. Yang paling umum adalah:

  • Definisi Tinggi: 1920×1080. Ini juga dikenal sebagai full high definition (FHD) atau 1080p
  • Apple Retina*: 2880×1800
  • 4K: 3840×2160. Ini terkadang dikenal sebagai Ultra High Definition atau UDF

Mayoritas laptop memiliki resolusi yang jauh lebih rendah dari 1920×1080 yang oleh kebanyakan videografer disepakati sebagai resolusi terendah yang bisa diterima.

Ketepatan Warna
Ada beberapa definisi ilmiah “ruang warna” yang ditawarkan oleh layar laptop, tapi cara termudahnya adalah memikirkannya dengan cara ini: ruang warna adalah jumlah warna berbeda yang dapat ditampilkan monitor. Yang paling umum adalah standar sRGB, (Merah, Hijau, Biru standar) walaupun Adobe RGB* hampir mengalahkannya. Produsen sering mengungkapkan bahwa fidelitas warna sebagai persentase sRGB, dan biasanya lebih dari 100% karena sRGB tidak mencakup semua warna yang dapat ditangkap mata.

Melihat ke Masa Depan
Satu hal yang pasti tentang masa depan pengeditan video: File akan lebih besar. Dengan menjadi semakin umumnya penggunaan kamera 4K, dan realitas virtual yang juga mengikutinya, saat menyangkut kapasitas dan daya pemrosesan, yang sekarang dianggap kemewahan akan menjadi keperluan di masa mendatang.

Spesifikasi Utama yang Perlu Dipertimbangkan

Gunakan bagan ini untuk mulai mencari.

Dasar Baik Lebih baik
CPU: Seiring meningkatnya resolusi file, begitu pula dengan pentingnya CPU yang cepat. <2,8 GHz 2,8 GHz – 3,8 GHz 4,2 GHz
RAM: Dapatkan yang Anda butuhkan, karena banyak sistem tidak dapat ditingkatkan dengan mudah. 8 GB 12 GB 16 GB
Resolusi Layar 1366×768 1920×1080 3840×2160

Sumber: https://www.ram.co.id/