Macam-Macam Media Dakwah

Macam-Macam Media Dakwah

Macam-Macam Media Dakwah

Macam-Macam Media Dakwah
Macam-Macam Media Dakwah

Media Dakwah

Media berasal dari bahasa Latin medius yang secara harfiah berarti perantara, tengah atau pengantar (Arsyad, 2006: 3). Dalam bahasa Inggris media merupakan bentuk jamak dari medium yang berarti tengah, antara. Dari pengertian tersebut para ahli komunikasi mengartikan media sebagai alat yang menghubungkan pesan komunikasi yang disampaikan oleh komunikator kepada komunikan. Dalam bahasa Arab media sama dengan wasilah, atau dalam bentuk jamak, wasail yang berarti alat atau perantara. (Aziz Ali, Moh. Ilmu dakwah. Jakarta: Kencana, 2009)

Dakwah memang tidak cukup bilah di sampaikan dengan lisan saja. Ia harus harus didukung dengan keberadaan media, yang menjadi saluran penghubung antara ide dengan umat, yang menjadi elemen vital serta urat nadi dalam totalitas dakwah itu sendiri. Media yang dimaksud bisa berupa perangkat alat moderen, yang sering kita sebut dengan alat komunikasi masa. Karena setiap kata yang terucap dari manusia gaungnya hanya dapat menjangkau jarak yang alat-alat komunikasi masa, maka jangkauan dakwah pun tidak lagi terbatas pada ruang dan waktu.

Adapun media dakwah yang dapat dimanfaatkan antara lain:

1) Lisan

Da’wah bil lisan yaitu penyampaian impormasi atas pesan dakwah melalui lisan.Termasuk dalam bentuk ini adalah ceramah, khutbah, tausyiah, pengajian, pendidikan agama, kuliah, diskusi, seminar, nasihat, dan lain sejenisnya.

2) Tulisan

Da’wah bil qalam yaitu penyampaian materi dakwah dengan menggunakan media tulisan. Termasuk dalam bentuk ini adalah, buku-buku, majalah, surat kabar, risalah, buletin, brosur, dan lain sejenisnya. Dalam memanfaatkan media ini, hendaknya ia ditampilkan dengan gaya bahasa yang lancar, muda di cerna, dan menarik minat publik, baik mereka yang awam maupun kalangan pelajar.

3) Audio visual

Da’wah dengan media audio visual merupakan suatu cara penyampaian yang merangsang penglihatan serta pendengaran audiense. Yang termask dalam jenis ini adalah televisi, film, sinetron, sandiwara, drama, teater, dan lain sebaginya. Terkadang pesan yang di sampaikan melaluai media ini, cendrung lebih muda di terima audience, bahkan dapat membentuk karakter mereka. Materi da’wah yang dkemas dalam bentuk hiburan akan cenderung disukai dari pada da’wah yang disamapaikan melaui ceramah keagmaan yang kaku, apalagi membosankan.

4) Lingkungan keluarga

Suasana lingkungan keluargapun mempunyai konstribusi yang cukup kuat dalam kelancaran da’wah. Apabilah ikatan keluarga itu senantiasa bernapaskan Islami, maka aqidah dan amalianya pun semakin kuat. Dengan demikian, da’wah dalam keluarga akan selalu berjalan dengan baik, bahkan dia dapat mempengaruhi cara berpikir keluarga lain.

5) Uswah dan Qudwah hasanah

Yaitu suatu cara penyampaian dakwah yang dilakukan dalam bentuk perbuatan nyata. Ia tidak bayak berbicara, namun langsung memperaktikkannya. Ia tidak menganjurkan, tetapi langsung memberi contoh kepada mad’u-nya. Termasuk dalam bentuk ini adalah seorang yang membesuk saudaran atau tetangganya yang sakit, bergaul dengan masyarakat dengan menunjukan budi pekerti, menyediakan diri untuk membentuk orang-orang yang berada dalam kesusahan, selalu menjalin dan menjaga tali silaturahmi, turut serta dalam pembangunan masjid, pondok pesantren, madrasah, unit kesehatan, dan lain sebaginya.

6) Organisasi Islam

Berbicara tentang organisasi Islam, tentunya perhatian kita akan tertuju pada sekumpulan umat yang terorganisir, yang bergerak dalam bidang keagamaan, khususnya disini dalam agama Islam. Ia akan memperhatikan pentingnya jalinan ukhuwah Islamiah. Menjembatangi antara umat dengan petunjuk agama, menuntun mereka kepada kebenaran, dan salah satu yang menjadi agenda kerjanya adalah turut serta dalam meyebarkan agama Islami, dengan cara yang ma’rif, efektif, efisien, dan penuh rasa kekeluargaan. Diantara organisasi Islam yang tersebar di tanah air tercinta ini, antara lain, Ikhwanul Muslimin, dan lain sebagainya.

Sumber: https://www.dutadakwah.co.id/kumpulan-kultum-ramadhan/