jaketkulitgarut.co.id

Situs jaketkulitgarut.co.id yang membagikan informasi dunia teknologi informasi dan komunikasi , dan beberapa tips menarik.

Manfaat Luarbiasa Dari Silaturrahim

Manfaat Luarbiasa Dari SilaturrahimManfaat Luarbiasa Dari Silaturrahim

 

Sesungguhnya silaturrahim merupakan amal shalih yang penuh berkah,

dan memberikan kepada pelakunya kebaikan di dunia dan akhirat. Menjadikannya diberkahi di manapun ia berada, Allah SWT memberikan berkah kepadanya di setiap kondisi dan perbuatannya, baik yang segera maupun yang tertunda. Keutamaannya sangat banyak maka diantara keutamaan tersebut adalah sebagai berikut:

Manfaat Luarbiasa Dari Silaturrahim

Silaturrahim merupakan sebagian dari konsekuensi iman dan tanda-tandanya: dari Abu Hurairah ia berkata, Rasulullah SAW bersabda yang artinya:
“Barang siapa yang beriman kepada Allah SWT dan hari akhir maka hendaklah ia memuliakan tamunya, dan barangsiapa yang beriman kepada Allah SWT dan hari akhir maha hendaklah ia menyambung hubungan silaturrahim, …”

Silaturrahim adalah penyebab bertambah umur dan luas rizqi : dari Abu Hurairah, ia berkata, ‘Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda yang artinya:
“Barangsiapa yang senang diluaskan rizqinya dan dipanjangkan umurnya, maka hendaklah ia menyambung hubungan silaturrahim.”

Silaturrahim menyebabkan adanya hubungan Allah SWT bagi orang yang menyambungnya: Dan dalam satu riwayat al-Bukhari yang artinya
“Allah SWT berfirman, Barangsiapa yang menyambung engkau niscaya Aku menyambungnya dan barangsiapa yang memutuskan engkau niscaya Aku memutuskannya.”

Silaturrahim merupakan salah satu penyebab utama masuk surga dan jauh dari neraka: dari Abu Ayyub al-Anshari, sesungguhnya seorang laki-laki berkata, ‘Ya Rasulullah, ceritakanlah kepadaku amalan yang memasukkan aku ke dalam surga dan menjauhkan aku dari neraka.’ Maka Nabi Muhammad SAW bersabda yang artinya
“Engkau menyembah Allah SWT dan tidak menyekutukan sesuatu denganNya, mendirikan shalat, menunaikan zakat, dan menyambung tali silaturrahim.”

Silaturrahim merupakan ketaatan kepada Allah SWT dan ibadah besar, serta petunjuk takutnya hamba kepada Rabb-Nya. Maka ia menyambung tali silaturrahim tatkala Allah SWT menyuruh untuk disambung. Dan Allah SWT berfirman yang artinya
“dan orang-orang yang menghubungkan apa-apa yang Allah perintahkan supaya dihubungkan, dan mereka takut kepada Rabbnya dan takut kepada hisab yang buruk. (QS. Ar-Ra’d :21)”

Sesungguhnya silaturrahim lebih besar dari pada memerdekakan budak. Dari Ummul mukminin Maimunah binti al-Harits radhiyallahu ‘anha, sesungguhnya dia memerdekakan budak yang dimilikinya dan dia tidak meminta izin kepada Nabi SAW, Maka tatkala pada hari yang menjadi gilirannya, ia berkata, ‘Apakah engkau merasa wahai Rasulullah bahwa sesungguhnya aku telah memerdekakan budak (perempuan) milikku? Beliau bertanya, ‘Apakah sudah engkau lakukan? Dia menjawab, ‘Ya.’ Beliau bersabda yang artinya
“Adapun jika engkau memberikannya kepada paman-pamanmu niscaya lebih besar pahalanya untukmu.”

Di antara besarnya silaturrahim, sesungguhnya sedekah terhadap keluarga sendiri tidak seperti sedekah terhadap orang lain. Dari Salman bin ‘Amir, dari Nabi Muhammad SAW beliau bersabda yang artinya
“…Sedekah terhadap orang miskin adalah sedekah dan terhadap keluarga sendiri mendapat dua pahala: sedekah dan silaturrahim.”

 

POS-POS TERBARU

jaketkulitgarut

Kembali ke atas