Manfaat Tidur seperti Rasulullah SAW dari Sisi Kesehatan

Manfaat Tidur seperti Rasulullah SAW dari Sisi Kesehatan

Manfaat Tidur seperti Rasulullah SAW dari Sisi Kesehatan

Manfaat Tidur seperti Rasulullah SAW dari Sisi Kesehatan
Manfaat Tidur seperti Rasulullah SAW dari Sisi Kesehatan

1. Cara Mengistirahatkan Otak Sebelah Kiri

Maka, dengan tidur pada posisi sebelah kanan, otak bagian kiri akan mampu memberikan kontribusi yang baik pada semua saraf untuk segala aktivitas organ ibuh bagian kanan, sehingga terhindar dari bahaya yang timbul akibat sirkulasi yang melambat saat tidur, bagaimana diketahui, kita selalu dalam posisi diam saat tidur dan sama sekali tidak ada gerak yang signifikan. Jika tidak dengan cara posisi miring ke kanan, maka ada bahaya yang akan kita dapatkan, yakni meliputi pengendapan bekuan darah, lemak, asam sisa oksidasi, dan peningkatan kecepatan atherosclerosis atau penyempitan pembuluh darah.

2. Untuk Mengurangi Beban Jantung

Salah satu organ penting bagi manusia adalah jantung. Jika fungsi jantung ini kurang maksimal, maka bisa berpengaruh pada organ lain, karena jantung merupakan organ vital bagi kita. Sebagaimana kita ketahui, jantung terletak di bagian kiri pada tubuh.

Maka, posisi tidur miring ke kanan, dapat berdampak positif, yakni denyut jantung menjadi lebih lambat dan tekanan darah bisa menurun. Kondisi ini dapat membantu kualitas tidur. Tidur miring ke kanan membuat jantung tidak tertimpa organ lainnya. Hal ini disebabkan posisi jantung yang lebih condong berada di sebelah kiri. Inilah salah satu bukti tentang Rasulullah Saw. yang genius. Beliau mampu mengetahui tentang letak jantung, sehingga posisi menghadap ke kanan menjadi posisi tidur yang bisa menyelamatkan jantung kita.

3. Mengistirahatkan Lambung

Harus ada waktu bagi lambung untuk istirahat. Sebab, jika lambung dipaksa selalu bekerja, maka bisa menjadikan berbagai macam penyakit, misalnya mag dan lainnya. Dengan demikian, saat kita tidur menghadap ke kanan, sesungguhnya kita sedang berupaya membuat kerja lambung lebih ringan.

4. Meningkatkan Pengosongan Kandung Empedu dan Pankreas

Kandung empedu dan pankreas merupakan organ tubuh yang harus selalu dijaga kondisinya agar tetap stabil. Sebab, keduanya merupakan organ tubuh yang bisa menyeimbangkan semua jaringan saraf tubuh. Maka, adanya aliran chime yang lancar dapat menyebabkan keluaran cairan empedu juga meningkat, lal ini bisa mencegah pembentukan batu kandung empedu.

Dengan demikian, posisi tidur miring ke kanan lampu meningkatkan keluarnya getah pankreas, kondisi pankreas harus selalu mengeluarkan getah agar bisa mengimbangi empedu. Hal ini bisa kita lakukan dengan cara tidur yang baik, yakni posisi tidur ala Rasulullah Saw.

5. Meningkatkan Waktu Penyerapan Zat Gizi pada Tubuh

Setiap saat, kita membutuhkan gizi untuk memberikan energi pada tubuh. Sebagaimana diketahui, setiap orang saat tidur, pergerakan usus meningkat dan hanya dengan posisi tidur pada sebelah kanan, perjalanan makanan yang telah tercerna dan siap diserap menjadi lebih lama. Hal ini disebabkan posisi usus halus hingga usus besar ada di bawah. Kita akan mendapatkan fungsi usus bisa bekerja dengan maksimal jika kita tidur dalam waktu yang lama karena memungkinkan penyerapan lebih optimal.

6. Merangsang Buang Air Besar

Salah satu fungsi buang air besar (BAB) adalah membuang kotoran-kotoran makanan yang sudah tidak dibutuhkan oleh tubuh. Jika kita bisa lancar saat buang air besar, berarti kerja usus dalam kondisi yang stabil.

Pada saat kita tidur miring ke sebelah kanan, ini menjadikan proses pengisian usus besar sigmoid (sebelum anus) lebih cepat penuh, dan saat sudah penuh akan merangsang gerak usus besar diikuti relaksasi dari otot anus, sehingga mudah buang air besar. Maka, dengan mudah membuang air besar ini, semakin mempermudah dan cepat mengeluarkan barang-barang kotoran bahkan “racun” dalam tubuh kita. Inilah salah satu alasan Rasulullah Saw. menjadikan tidurnya tidak hanya berfungsi sebagai waktu untuk istirahat. Lebih dari itu untuk memenuhi kebutuhan kesehatan.

7. Mengistirahatkan Kaki Kiri

Pada setiap aktivitas apa pun, kita sering membebankan kaki kiri sebagai tumpuan kaki kanan hal itu terjadi secara alamiah bagi sebagai besar orang, karena lebih memudahkan kita. Pada saat posisi tidur dengan miring ke kanan, secara ergonomis juga berfungsi untuk menyeimbangkan posisi saat beraktivitas yang cenderung menggunakan kaki kiri sebagai pusat pembebanan.

Dengan demikian, kaki kiri cenderung lebih pegal dari kaki kanan, apalagi kaki posisi yang paling bawah menjadi aliran darah yang berbalik arah akan cenderung lebih lambat. Maka, pada posisi tidur miring kanan, ini menyebabkan vena kaki kiri lebih cepat kosong, sehingga rasa pegal selama beraktivitas bisa lebih cepat hilang. Sehingga, ketika terbangun, kita terbebas dari kram dan penyakit lainnya yang berasal dari kaki.

8. Menjaga Kesehatan Paru-paru

Sebagai tumpuan pernapasan, paru-paru selalu menjadi barometer kesehatan kita. Paru-paru selalu berhubungan dengan organ lain dalam tubuh kita, yang lebih dekat jarak dan hubungannya dengan jantung. Selain itu, paru-paru kiri lebih kecil dibandingkan dengan paru-paru kanan.

Maka, pada saat kita tidur miring ke sebelah kanan, jantung akan condong ke sebelah kanan. Hal ini lebih ringan dan tidak menjadi masalah yang berarti, karena paru-paru kanan lebih besar. Lain halnya jika bertumpu pada sebelah kiri, jantung akan menekan paru-paru kiri yang berukuran kecil, tentu ini sangat tidak baik dan berdampak buruk bagi tekanan jantung, yang bisa juga menyebabkan penyakit tekanan arah yang naik, dan lain sebagainya.

9. Menjaga Pernapasan yang Baik

Lidah yang biasa jatuh ke pangkalnya, menjadi penghalang dan dapat mengganggu saluran pernapasan, maka dengan posisi tidur telentang, mengakibatkan saluran pernapasan terhalang oleh lidah. Biasanya, ketika lidah menjadi penghalang, maka bisa menyebabkan kita mendengkur. Ini menunjukkan bahwa orang tersebut dalam keadaan tidur kekurangan oksigen, malah terkadang dapat menyebabkan napas berhenti beberapa detik. Tentunya, ini mengganggu kenikmatan tidur, terbangun dengan sendirinya, dan saluran pernapasan sesak.

Demikian uraian tentang Manfaat Tidur seperti Rasulullah SAW dari Sisi Kesehatan semoga bermanfaat. Aamiin.

Baca Juga: