Menteri Nasir Terkesan Tarikan Ringan Gesits

Menteri Nasir Terkesan Tarikan Ringan Gesits

Menteri Nasir Terkesan Tarikan Ringan Gesits

Menteri Nasir Terkesan Tarikan Ringan Gesits
Menteri Nasir Terkesan Tarikan Ringan Gesits

Kemarin (10/4) Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir

menjajal motor listrik Gesits. Dengan kapasitas baterai 100 kWh, motor tersebut mampu menempuh jarak sampai 100 km/jam. Motor listrik karya anak bangsa itu akan resmi dirilis di Indonesia International Motor Show 2019 pada 25 April.

Saat menunggang Gesits, mantan rekor Universitas Diponegoro tersebut mengenakan jaket bomber hitam dan helm sport dengan warna senada. Nasir tidak sendirian. Empat pejabat eselon I Kemenristekdikti lainnya ikut ambil bagian dalam test drive itu.

Perjalanan dimulai dari pelataran lobi Hotel Grand Mercure

Kemayoran menuju Hall D JIExpo Kemayoran. Nasir tampak semringah sepanjang perjalanan menunggangi motor berwarna merah tersebut. “Saya mencoba motor listrik itu dengan kecepatan rendah, wah luar biasa! Tarikannya ringan,” ungkap menteri 58 tahun tersebut.

Nasir mengatakan bahwa Gesits jauh lebih irit daripada motor dengan bahan bakar minyak (BBM) pada umumnya. Ketika sama-sama digunakan sejauh 100 km, Gesits hanya butuh Rp 4.500 untuk biaya sekali pengisian baterai selama tiga jam. Sedangkan motor dengan BBM akan menghabiskan dana Rp 16 ribu untuk membeli pertalite.

Kementerian dan lembaga pemerintah perlu bekerja sama untuk memasalkan penggunaan Gesits. Kemenristekdikti akan menggandeng Kementerian Perindustrian, Kementerian Perhubungan, dan Kementerian Keuangan untuk memuluskan cita-cita tersebut.

“Saya minta triple tech deduction. Kami akan siapkan peraturannya.

Sehingga dari segi produksi, fasilitas pajak, dan ketentuan layak jalannya sesuai,” urai Nasir.

Meski begitu, Nasir enggan membeberkan terlalu detail harga dan spesifikasi Gesits. “Biar surprise,” katanya lantas tertawa.

 

Sumber :

https://www.codecademy.com/marlindaSoamena