jaketkulitgarut.co.id

Situs jaketkulitgarut.co.id yang membagikan informasi dunia teknologi informasi dan komunikasi , dan beberapa tips menarik.

Menumbuhkan Minat Kewirahausahaan Pada Mahasiswa di Asrama Putra

Menumbuhkan Minat Kewirahausahaan Pada Mahasiswa di Asrama Putra

        Menumbuhkan minat kewirausahaan pada mahasiswa di asrama putra bukanlah suatu hal yang mudah, karena dalam meyakinkan para mahasiswa itu harus diperlukan bukti yang nyata. Jadi, untuk mahasiswa yang ingin menjadi wirausaha yang sukses, ngga bisa harus menunggu dan diam dalam berwirausaha harus diperlukan dari dalam diri sendiri dan juga pengaruh pengalaman dari luar. Bukan berarti asrama diam saja tidak mau berbuat apa-apa untuk menumbuhkan wirausaha pada mahasiswa di Asrama Putra, pada tahun yang lalu asrama pernah mengadakan Traning Kewirausahaa (TKW), itu salah satu upaya untuk menumbuhkan rasa dan minat untuk berwirausaha.

        Pada tahun yang lalu, asrama pernah mengadakan Tranning Kewirausahaan yang salah satu niatnya untuk menumbuhkan minat mahasiswa untuk berwirausaha. Belum cukup sampai disitu, mengingat wirausaha dibutuhkan keterampilan dan kemampuan yang lebih sebagai modal utama dalam berwirausaha. Seperti yang diupayakan oleh asrama untuk menumbuhkan minat dan rasa wirausaha itu tumbuh, pada tahun ini asrama mengadakan Pekan Kreatifitas Asrama (PKA). Didalam PKA tersebut mengadakan sebuah lomba, yaitu lomba masak yang diberikan bahan dasar umbi-umbi (kentang) dan diberi waktu dalam lomba masak tersebut.

        Dalam lomba masak tersebut benar-benar membauat mahasiswa harus lebih berfikir kreatif. Dengan bahan yang terbatas, tempat yang terbatas, dan perlengkapan yang terbatas. Mereka harus menciptakan masakan dalam kondisi yang sangat terbatas, tetapi, mereka semua bisa menyelesaikan semua dengan tepat waktu dan karya yang luar biasa. Dan yang kita tau, wirausaha bukan kuliner saja, banyak bagi orang yang peka dengan keadaan sekitar semua bisa dijadikan usaha, walau hanya dari barang bekas.

        Menurut mas agus, wirausaha itu orang yang mampu menfaatkan yang ada dan bisa sesuatu apapun dan dalam kondisi apapun sekalipun dalam keadaan terpepet.

 

 

BAB III

METODE PENELITIAN

3.1 JENIS PENELITIAN

Penelitian mengenai Tumbuhnya Minat Kewirausahaan Pada Mahasiswa di Asrama Putra. Maka dari itu diperlukan rancangan penelitian yang sistematis. Rancangan pada dasarnya merancangkan suatu kegiatan sebelum dilaksanakan. Kegiatan merencanakan itu mencakup komponen-komponen penelitian yang diperlukan. Dalam banyak hal pada penelitian kualitatif komponen-komponen yang akan dipersiapkan itu masih bersifat sebagai kemungkinan (Moleong,2002:236).

Dalam penelitian ini, peneliti melakukan tahap perencanaan dengan menyusun pedoman wawancara dan lembar observasi, menyiapkan kamera (HP), catatan lapangan. Ketika memasuki lapangan peneliti berusaha untuk mencari data dengan mengobservasi dan mewawancarai terhadap subyek yang telah ditentukan. Kehadiran peneliti di lapangan dengan melakukan observasi di mulai sejak bulan 20 Maret 2013 sampai 20 April 2013, Setelah memperoleh data dari hasil observasi dan wawancara, peneliti mengolah data tersebut kemudian melaksanakan pelaporan penelitian.

 

Sumber :

https://busbagus.co.id/pengguna-facebook-kini-bebas-unggah-video-universal-music/

jaketkulitgarut

Kembali ke atas