jaketkulitgarut.co.id

Situs jaketkulitgarut.co.id yang membagikan informasi dunia teknologi informasi dan komunikasi , dan beberapa tips menarik.

Merumuskan dan melaksanakan perencanaan ekonomi

Merumuskan dan melaksanakan perencanaan ekonomi

Kebijakan pemerintah yang konvensional yaitu kebijakan fiscal dan moneter. Kebijakan fiscal sendiri adalah kebijakan ekonomi yang digunakan pemerintah untuk mengelola/mengarahkan perekonomian ke kondisi yang lebih baik atau diinginkan dengan cara mengubah-ubah penerimaan dan pengeluaran pemerintah. Jadi, kebijakan fiscal mempunyai tujuan yang sama persis dengan kebijakan moneter. Perbedaan nya terletak pada instrument kebijakannya. Jika dalam kebijakan moneter pemerintah mengendalikan jumlah uang beredar, maka dalam kebijakan fiscal pemerintah mengendalikan penerimaan dan pengeluaranya.

Dalam buku teks teori ekonomi makro, penerimaan pemerintah diasumsikan berasal dari pajak (tax), sehingga notasi yang digunakan untuk pemerintah (government expenditure), seperti yang telah dibahas dalam bagian-bagian sebelumnya.

Sedangkan kebijakan moneter sendiri adalah upaya mengendalikan atau mengarahkan perekonomian makro ke kondisi yang diinginkan dengan mengatur jumlah uang yang beredar. Yang dimaksud dengan kondisi lebih baik adalah meningkatkan output keseimbangan dan atau terpeliharanya stabilitas harga. Melalui kebijakan moneter pemerintah dapat mempertahankan, menambah atau mengurangi jumlah uang beredar dalam upaya mempertahankan kemampuan ekonomi bertumbuh, sekaligus mengendalikan inflasi.[15]

Kebijakan moneter merupakan alat yang digunakan oleh bank sentral untuk mengontrol kuantitas uang dalam perekonomian. Sebagian besar ekonom sepakat bahwa kuantitas uang yang ditawarkan mempengaruhi tingkat output, tingkat bunga dan tingkat pengangguran, serta tingkat harga keseluruhan.

sumber :

https://nashatakram.net/layanan-otomotif-seva-id/

jaketkulitgarut

Kembali ke atas