Organ Atau Alat Peredaran Darah Manusia

Organ Atau Alat Peredaran Darah Manusia

Organ Atau Alat Peredaran Darah Manusia

Organ Atau Alat Peredaran Darah Manusia
Organ Atau Alat Peredaran Darah Manusia

1. Jantung

Jantung berbentuk kerucut dan besarnya sekepalan tangan, dengan berat sekitar 300 gram. Jantung terletak di dalam rongga dada dan berfungsi sebagai alat pemompa darah. Jantung terbungkus oleh kantung perikardium yang terdiri atas dua lapisan, yaitu lamina panistalis (sebelah luar) dan lamina viseralis (menempel di dinding jantung). Di antara kedua lapisan ini terdapat kavum perikardii yang berisi cairan perikardii.

Bagian-bagian jantung :
– Serambi kanan (atrium kanan) : bertugas mendapatkan darah kotor dari seluruh kepingan tubuh.
– Serambi kiri (atrium kiri) : bertugas mendapatkan darah higienis dari paru-paru.
– Bilik kanan (ventrikel kanan) : bertugas memompa darah kotor dari jantung ke paru-paru.
– Bilik kiri (ventrikel kiri) : bertugas memompa darah higienis dari jantung ke seluruh kepingan tubuh.

Cara kerja jantung tidak bisa dikendalikan oleh kita (bekerja tidak sadar), alasannya kerja jantung dikendalikan oleh sarf otonom. Jantung bejerja dengan cara kontraksi dan relaksasi. Mekanisme kerja
jantung yaitu sebagai berikut.
– Pada dikala serambi relaksasi, darah dari pembuluh balik ke tubuh dan paru-paru masuk ke serambi jantung.
– Ketika kedua serambi kontraksi bilik mengembang sehingga darah mengalir ke bilik.
– Pada dikala kedua darah menguncup, darah keluara dari bilik kiri melalui aorta keseluruh tubuh dan dari bilik kanan menuju paru-paru. Satu kali kontraksi dan relaksasi mengakibatkan denyut jantung yang menimbulkan denyut nadi.

Baca Pula : Jantung Manusia (Artikel Lengkap)

2. Pembuluh darah

Senang sekali rasanya kali ini sanggup kami bagikan artikel perihal Sistem Peredaran Darah Sistem Peredaran Darah Manusia (Artikel Lengkap)

Pembuluh darah berfungsi sebagai kanal yang mengalirkan darah ke seluruh kepingan tubuh. Ada dua macam pembuluh darah, yaitu :

– Pembuluh nadi (arteri); yaitu pembuluh darah yang mengangkut darah dari jantung. Pembuluh nadi yang paling besar dinamakan aorta. Pembuluh nadi tersebut bercabang-cabang membentuk pembuluh yang lebih kecil, yang disebut arteriol. Arteriol bercabang halus diseluruh tubuh disebut kapiler. Pembuluh nadi bertugas mengalirkan darah higienis ke seluruh kepingan tubuh, kecuali pembuluh nadi paru-paru (arteri pulmonalis), bertugas mengalirkan darah kotor dari bilik kanan ke paru-paru.

– Pembuluh balik (vena); yaitu pembuluh darah yang m engalirkan darah ke jantung. Pembuluh balik dari seluruh tubuh bermuara menjadi satu pembuluh balik besar yang disebut vena kava. Pembuluh vena dibedakan menjadi tiga, yaitu vena kava superior yang berfungsi untuk mengalirkan darah dari tubuh kepingan atas ke serambi kanan jantung, kemudian vena kava inferior yang berfungsi untuk mengalirkan darah dari tubuh kepingan bawah ke serambi kanan jantung, dan vena kava pulmonalis yang berfungsi untuk mengalirkan darah higienis dari paru-paru ke serambi kiri jantung. Fungsi pembuluh balik yaitu mengalirkan darah kotor dari seluruh kepingan tubuh ke jantung, kecuali pembuluh balik paru-paru (vena kava pulmonalis).

C. PROSES PEREDARAN DARAH MANUSIA

Peredaran darah pada insan disebut peredaran darah rangkap lantaran setiap satu kali beredar ke seluruh tubuh darah melewati jantung sebanyak dua kali. Terdiri atas peredaran besar dan peredaran kecil.
Selama jantung masih bekerja, darah kita akan selalu beredar di sepanjang tubuh. Peredaran tersebut selalu berlangsung di dalam pembuluh darah. Itulah sebabnya disebut peredaran darah tertutup.

Peredaran besar

Adalah peredaran darah dari jantung ke seluruh tubuh. Dimulai dari bilik kiri jantung menuju ke tubuh kepingan atas dan kepingan bawah dengan membawa oksigen ke seluruh sel-sel tubuh. Selanjutnya darah masuk kembali ke jantung melalui serambi kanan dengan mengangkut karbondioksida.

Peredaran kecil

Adalah peredaran darah dari jantung ke paru-paru dan kembali ke jantung. Peredaran kecil dimulai dari bilik kanan jantung, mengangkut CO2, menuju ke paru-paru kanan dan paru-paru kiri.
Di dalam paru-paru CO2 dilepas dan diganti dengan O2. Itulah sebabnya darah yang berasal dari paru-paru kanan dan kiri kaya akan oksigen. Selanjutnya, darah kembali masuk ke dalam jantung melalui serambi kiri.

Sumber: https://www.pendidik.co.id/pengertian-kartu-kredit-jenis-ciri-keuntungan-kerugiannya-lengkap/