Pembaruan dalam islam pada masa modern

Pembaruan dalam islam pada masa modern

Pembaruan dalam islam pada masa modern

Pembaruan dalam islam pada masa modern
Pembaruan dalam islam pada masa modern

Secara umum adalah mempertahankan nilai-nilai lama serta memasukkan unsur-unsur baru, pergerakan pembaruan islam berlangsung sejak abad ke-29 sampai sekarang.
Perubahan ini dilakasanan kerena islam di pandang oleh orang-orang barat sebagai paham anti kemajuan.

Kelemahan – kelemahan islam pada masa sebelum pembaruan silam diantaranya:

  • Kelemahan akidah yang sudah dicermati khufarat dan tahayul serta bid’ah dalam agama
  • Kelemahan dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi

Tokoh-tokoh pembaruan dalam islam

Muhammad bin abdul wahab – dalam melukan gerakan pembaruan ia menyusun gerakan yang diberi nama wahabi. Salah satu kitabnya yaitu kitab tauhid, sebelum kitab yang berisi tentang mengesakan allah swt dengan membasmi prkatek-praktek tahayul, bid’ah khurafat yang ada pasca umat islam dan mengajak untuk kembali ke ajaran tauhid yang sebenarnya.

Rifa’ah badawi rafi’ at tahtawi – Rifa’ah badawi rafi’ at tahtawi merupakan pembaharu islam yang pemikirannya yaitu menyerukankepada umat islam agar menyeimbangkan antara dunia dan akhirat

Jamaluddin al afgani – jamaludin al afgani dengan pemikiran pembaharunya adalah supaya umat islam kembali pada ajaran agama islam yang murni, kepemimpinan otokrasi supaya diubah menjadi demokrasi, untuk mewujudkan kemajuan masyarakat islam yang dinamis

Muhammad abduh – muhammad abduh yaitu pembaharu islam dan mesir penerus dari gerakan wahabi dan pan islamisme

Sayid qutub – sayid qutub yaitu ulama dan tokoh gerakan pembahauan yang menyelaraskan antara urusan akhirat dengan urusan duniawi dan bersama yusuf qardhawi menekankan perbedaan antara modernisasi dengan pemberatan.

Sir sayid akhmad khan – sir sayid akhmad khan lahir d delhi india adalah pembaharu yang produktif dengan berbagai karya

Muhammad iqbal – muhammad iqbal yaitu seorang muslim india dengan karnyanya teh reconstructio of religius though in islam (pembangunan kembali pemikiran keagamaan dalam islam)

Pembaharuan dinegara-negara timur tengah meluas hingga ke indonesia

Pembaharuan dinegara-negara timur tengah meluas hingga ke indonesia, pengaruh dari pembaruan tersebut antara lain :

Tokoh tokoh muslim seperti haji miskin, haji faris dan haji abdul rahman mengilhami oleh paham muh. Abdul wahab akhirnya muncul gerakan pederi di sumatra.

Pada tahun 1903 M murid-murid ahmat khoib al-minangkabawy menjadi pelopor gerakan pembaruan di mininagkabau dan akhirnya berkembang di seluruh dunia.

Munculnya berbagai organisiasi dan lembaga islam moderen di indonesia yaitu jamiatul khoir, nahdatul ulama (NU), al irsyad, persis (persatuan umat islam), SDI (serikat dagang islam), muhammadiiyah dan matla’ul anwar.
Artikel terkait lainnya : Ayat-ayat Al-Qur’an tentang musyawarah tentang konsep musyawarah dalam islam

Tujuan pembaharuan dalam islam

Pembaruan dalam islam yang dipelopori oleh tokoh-tokoh islam bertujuan untuk :

Memurnikan ajaran islam dari segala unsur tahayul, khufarat dan bid’ah
Membebaskan umat islam dari taklid shingga merekan tidak menajadi baku
Memeperkuat ukhuwah islamiyah dengan ida islamisme
Mendorong sifat kreatif dan dinamis derta meningkatatkan sifat fatalisme
Membangun kemabali pemikrian-pemikiran islam

Perilaku yang mencerminkan gerakan pembaruan islam di dunia

Ada beberapa perilaku yang dapat dijadikan cerminan terhadap penghayatan akan sejarah perkembagan islam pada masa pembaruan ini. Hal – hal tersebut adalah sebagai berikut :

Menyikapi kejadian masa lalu dengan sikap sabar dan menanamkan jihat yang sesuai dengan ajaran al-qur’an dan hadis

Sejarah dapat dijadikan sumber isnpirasi untuk membuat langkah-langkah inovatif agar kehidupan manusia dapat damai dan sejahtera baik didunia maupun di akherat

Memotivasi dari terhadap masa depan agar memperoleh kemajuan serta mengupayakan sagala sejarah yang mengadung nilai negatif atau kurang baik tidak akan terulang kembali

Membangun masa depan berdasrkan pijakan-pijakan yang telah ada dimasa lalu sehingga dapat membangun negara senatiasa menjadi baldatun tayyibatun wa rabbun ghafur atau negara yang baik dan mendapat ampunan dari allah.swt

Ilmu pengetahuan dan teknologi di masa pembaharuan cukup canggih sehingga melalui proses belajar akandapt diperoleh kemajuanyang baik bagi genarai –genari muslim di masa depan.

Sumber: https://www.catatanmoeslimah.com/2018/09/kumpulan-bacaan-sholawat-nabi-muhammad-saw.html