jaketkulitgarut.co.id

Situs jaketkulitgarut.co.id yang membagikan informasi dunia teknologi informasi dan komunikasi , dan beberapa tips menarik.

Pemeliharaan dan Penenbaran Benur

Pemeliharaan dan Penenbaran Benur

  1. Pengamatan Benur

Sebelum melakukan bududaya terlebih dahulu benur harus diperhatikan dan di ambil sampel benur untuk di hitung jumlah benur setiap paking. Sebaiknya benur dibeli dari unit pembenihan yang memenuhi standar perawatan yang baik atau unit pembenihan yang bersetifikat. Utamakan menggunakan stadia PL-12 (panjang tubuh harus lebih dari 12 mm). Ukuran kecil tidak siap untuk dilepas dan mudah mati dengan cepat di kolam.

Adapun sifat dan ciri benur yang  bermutu baik yang didapat dari tempat pembibitan adalah :

  1. Umur dan ukuran bentuk harus seragam..
  2. Bila dikejutkan benur sehat akan melintik.
  3. Benur bewarna tidak pucat.
  4. Badan benur tidak bengkok dan cacat.

b        Pengamatan Benur

Bila kualitas air belum bagus benur udang terlebih dahulu di letakkan di jaring minimal 3 hari. Pengadaptasian benur udanh dilakukan apabila sudah sampai di kolam yang berfungsi agar benur tidak stress dengan air yang ada di kolam. Pengadaptasian benur udang selama 15 menit.

  1. Penyesuaian Benur

Penyesuaian benur perlu dilakukan jangan langsung di tebarkan ke dalam kolam karena belum sesuai kadar air. Lebih baik biarkan benur itu sendiri yang keluar dari kantong plastik. Dilakukan penyesuaian benur dengan cara mengisi air yang ada di dalam kolam ke plastik secara perlahan-lahan.

  1. Pelepasan Benur

Kebutuhan benur per kolam dengan luas 1500 m2 yaitu 20000 ekor dan hanya 13000 ekor yang dapat beradaptasi di dalam kolam/tanbak. Pelepasan benur dilakukan secara perlahan karena udang bersifat sangat sensitif dengan keadaan tempat barunya. Benih harus dilepas dalam tambak pada saat suhu udara dingin, yaitu setelah jam 6 sore atau sebelum jam 8 pagi. Benur dilepaskan kedalam air yang berwarna hijau dan jangan dalam air bening atau air hijau gelap. Benih disesuaikan dalam air tambak (aklimatisasi) sebelum melepaskannya dan jagalah agar kantung-kantung mengambang di air slm 20-30 menit, campurlah air tambak kedalam kantung benih secara perlahan-lahan setelah 30 menit, dan kemudian lepaskan benih kedalam tambak.

baca jua ;

jaketkulitgarut

Kembali ke atas