jaketkulitgarut.co.id

Situs jaketkulitgarut.co.id yang membagikan informasi dunia teknologi informasi dan komunikasi , dan beberapa tips menarik.

Pendapat tentang Al-Maslahah al-Mursilah

Pendapat tentang Al-Maslahah al-Mursilah

Pendapat tentang Al-Maslahah al-Mursilah

Para ulama memang berbeda pendapat dalam

mengamalkan al-maslahah al-mursilah. Sebagian ulama tidak menjadikan al-maslahah al-mursilah sebagai dalil untuk menetapkan hukum dengan beberapa alasan.

  1. Penggunaan al-maslahah al-mursialah akan membuka peluang bagi penguasa dan para hakim untuk menetapkan hukum sesuai dengan keinginan dan hawa nafsu mereka.
  2. Bahwa syariat islam memelihara semua kemaslahatan menusia melalui ketentuan yang terdapat dalam nash dan hukum yang ditunjukkan oleh qiyas. Syari’ tidak membiarkan manusia mengalami kesulitan dalam kehidupannya dan tidak satupun kemaslahatan manusia melainkan disyariatkan oleh islam.
  3. Pada dasarnya al-maslahah al-mursilah bearda diantara dua posisi yaitu, maslahat yang dilarang syari’ mengambilnya dan maslahat yang diperintahkan syari’  mengambilnya. Apabila memang boleh memakai al-maslahah al-mursilah yang terkait dalam maslahat yang diperintahkan syari’ mengambilnya, tentu boleh juga memakai al-maslahah al-mursilah yang terkait dalam maslahat yang dilarang syari’ mengambilnya. Mengingat posisi al-maslahah al-mursilahseperti ini, maka ia tidak boleh dijadiakan sebagai dalil untuk menetapkan hukum.
  4. Mengambil al-maslahah al-mursilah sebagai dalil untuk menetapkan hukum akan merusak kesatuan dan keumuman tasyri’ islam. Dengan al-maslahah al-mursilah akan terjadi perbedaan hukum kerena perbedaan situasi, kondisi,dan orang seiring dengan penggantian maslahat setiap waktunya.

         Ulama yang tidak menerima al-maslahah al-mursilah sebagai dalil untuk menetapkan hukum, diantaranya ulama Hanafiyyah. Sebaian ulama menilai Imam Syafi’I termasuk ulama yang menolak penggunaan al-maslahah al-mursilah sebagai dalil karena ketegasannya menolak istihsan dan istihsan dalam pandangan Imam Syafi’I didasarkan atas maslahah.

         Sementara itu, sebagian ulama lain menerima dan menggunakan al-maslahah al-mursilah sebagai dalil untuk menetapkan hukum. Diantara ulam yang termasuk dalam kelompok ini adalah Imam Malik dan Imam Ahmad. Penggunaan al-maslahah al-mursilah sebagai dalil didasarkan pada sejumlah alasan berikut.

  1. Bahwa syariat islam diturukan untuk menjuwudkan kemaslahatan bagi manusia.
  2. Bahwa kemaslahatan manusia yang berhubungan dengan persoalan duniawi selalu berubah sesuai dengan situasi dan kondisi yang dihadapi manusia tersebut.
  3. Bahwa syari’ menjelaskan alasan (illat) berbagai hukum ditetapkan dengan berbagai sifat yang melekat pada perbuatan yang dikenai hukum tersebut.
  4. Dalam sejarah tasyri’ islam terbukti sejak masa sahabat dan generasi sesudah mereka ternyata menggunakan maslahatrajihah (kuat) untuk menetapkan hukum suatu peristiwa.

Sumber: https://urbanescapesusa.com/gunner-battle-commando-attack-apk/

jaketkulitgarut

Kembali ke atas