Pendapatan Nasional Per Kapita

Pendapatan Nasional Per Kapita

Pendapatan Nasional Per Kapita

Pendapatan Nasional Per Kapita
Pendapatan Nasional Per Kapita

 

Pendapatan Per Kapita RI Rp 37 Juta Per Tahun

Pemerintah menyatakan Produk Domestik Bruto (PDB) per kapita Indonesia mengalami pertumbuhan cukup pesat. Pada tahun 2012, PDB per kapita Indonesia sebesar 3.850 atau sekitar Rp 37 juta.
Realisasi PDB per kapita itu meningkat dari 481,9 dolar AS di tahun 1998. Lalu pada tahun 2004, PDB per kapita kembali meningkat jadi 1.188 dolar AS.

Hal itu diungkapkan Menko Perekonomian Hatta Rajasa

dalam kata sambutan yang dibacakan Deputi Menko Perekonomian Bidang Industri dan Perdagangan Edy Putra Irawadi dalam Pembukaan Kompetisi Ekonomi di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Senin (18/2).
“Saat ini pendapatan per kapita kita Rp 37 juta per tahun, jadi seharusnya masyarakat Indonesia itu mendapatkan Rp 3 juta per bulan,” ujarnya.

Pemerintah menargetkan PDB per kapita bisa ditingkatkan menjadi 4.800 – 5.000 dolar AS

pada tahun 2014 mendatang. Adapun pada visi tahun 2025, Indonesia diharapkan bisa menjadi Republik Enterpreneur dengan pendapatan per kapita sebesar 13-16 ribu dolar AS.
“Dengan realisasi ini Indonesia menjadi kekuatan ekonomi terbesar ke-12 dunia dan Indonesia pada tahun 2030 akan menjadi negara terkaya ke-7 di dunia,” kata Edy.

Dia menambahkan pencapaian ekonomi juga dialami untuk realisasi inflasi. Pada tahun 1998, realisasi inflasi mencapai 77,5%, kemudian menurun menjadi 6,4% pada tahun 2004. Namun pada tahun 2012 realisasi investasi hanya 3,66%.

 

Perekonomian Indonesia memang sedang naik daun

Ketika dunia dilanda krisis, perekonomian Indonesia masih dapat tumbuh positif, bahkan pada tahun 2012, PDB per kapita Indonesia sebesar 3.850 dollar AS atau sekitar Rp 37 juta. Padahal, tahun 2012 banyak negara mengalami kemerosotan dalam perekonomian. Pemerintah menargetkan PDB per kapita bisa ditingkatkan menjadi 4.800 – 5.000 dolar AS pada tahun 2014 mendatang. Adapun pada visi tahun 2025, Indonesia diharapkan bisa menjadi Republik Enterpreneur dengan pendapatan per kapita sebesar 13-16 ribu dolar AS.

Dampak Positif

Dengan realisasi ini Indonesia menjadi kekuatan ekonomi terbesar ke-12 dunia dan Indonesia pada tahun 2030 akan menjadi negara terkaya ke-7 di dunia,”.

Dampak Negatif

Namun, tercapainya target pertumbuhan ekonomi Indonesia bukanlah penentu kesuksesan negara dalam meningkatkan kesejahteraan rakyatnya. Peningkatan PDB di Indonesia justru membuat negara semakin miskin sumber daya.

Indonesia adalah salah satu negara di dunia yang mengalami keterpurukan di tengah sumber daya yang melimpah. Indonesia tidak menangani sumber daya alamnya dengan baik.

Pemerintah justru menghancurkan sumber alam dengan terlalu berlebihan mengekploitasinya. Bahkan, pemerintah dinilai tidak mengalokasikannya untuk kepentingan rakyat secara keseluruhan. Pemerintah terlalu terfokus pada upaya meningkatkan PDB. Namun, di sisi lain malah mengorbankan sumber daya alam.
Peningkatan PDB ini malah justru membuat negara semakin miskin. Kondisi itu, justru membuktikan PDB tidak bisa meningkatkan kualitas hidup rakyat. Ada banyak bukti empiris dan studi yang menunjukkan kualitas hidup dan kebahagiaan rakyat tidak ada hubungannya dengan PDB dan kekayaan negara.

Baca Juga :