jaketkulitgarut.co.id

Situs jaketkulitgarut.co.id yang membagikan informasi dunia teknologi informasi dan komunikasi , dan beberapa tips menarik.

Pengaturan Ventilasi dan Cahaya Ruang Kelas

Pengaturan Ventilasi dan Cahaya Ruang Kelas

Pengaturan Ventilasi dan Cahaya Ruang Kelas

Ventilasi dan pengaturan cahaya sangat berkaitan satu sama lain. Dalam hal ini pengaturan ventilasi dan cahaya dapat berupa pengaturan bentuk ataupun posisi jendela kelas. Dengan jendela kelas yang cukup besar dan pada posisi yang tepat memungkinkan udara dan cahaya matahari dapat masuk kedalam ruangan, sehingga dapat menjamin kesehatan bagi para peserta didik. Rukmana dan Suryana (2012:105) menyatakan bahwa “dengan ventilasi yang baik dan udara yang sehat, semua siswa dan guru yang berada didalam kelas, dapat menghirup udara yang segar.” Disamping itu, juga perlu adanya kerjasama antara guru dan siswa dalam memelihara atau merawat peralatan yang ada di dalam kelas. Hal ini dimaksudkan agar guru dan siswa dapat memanfaatkan fasilitas yang ada dengan baik dan benar seperti halnya mengatur suhu udara di dalam ruangan dengan memanfaatkan kipas angin atau ventilasi udara yang ada, mengatur penerangan di dalam kelas dengan memanfaatkan lampu dikala butuh penerangan lebih atau menutup jendela dengan kelambu disaat kelas terasa silau akibat sinar matahari. Serta pada saat di dalam kelas sebaiknya guru ataupun siswa tidak melakukan aktivitas merokok. Jika semua hal diatas dapat dilakukan, maka dapat menciptakan suasana belajar mengajar yang nyaman.

                       2.6     Pengaturan Akuistik dan Warna dalam Ruang Kelas

Menurut kamus besar bahasa Indonesia akuistik berarti tentang bunyi-bunyian beserta yang berkaitan dengan bunyi tersebut, maka dari itu pengaturan atau penataan akuistik sangat berpengaruh dalam proses pembelajaran. Bentuk dan volume ruang, kapasitas dan jumlah orang, serta lapisan akuistik pada permukaan berperan pada karakteristik akuistik ruang tertentu (Leslie,dkk, 1993:91). Selain itu, perbedaan aktifitas dalam setiap ruang juga mempengaruhi karakteristik dan kualitas bunyi yang disajikan dalam ruang. Akuistik Arsitektur (Architectural Acoustic), berkaitan dengan penataan tempat pemilihan lokasi tempat pembelajaran, jadi pemilihan lokasi tempat pembelajaran tersebut berlokasi yang mendukung pembelajaran seperti suasana yang kondusif, jauh dari pabrik atau tepat keramaian lainnya. Maka dari itu pengaturan akuistik ruang kelas yang baik sangat diperlukan agar peserta didik dapat mendengar dengan jelas didalamnya.

Sedangkan untuk pemilihan warna di dalam ruang kelas adalah yang dapat menciptakan rasa nyaman dan menyenangkan. Karena, warna memiliki peran penting dalam membentuk kesan pada ruangan, terutama ruang kelas. Untuk kesan yang dapat memberi rasa semangat dan senang di ruang kelas sebaiknya memilih warna yang dapat memunculkan suasana tersebut.

sumber :

MiTalk Messenger Apk v7.7.17 for android

jaketkulitgarut

Kembali ke atas