Pengertian 7 OSI Layer

Pengertian 7 OSI Layer

Pengertian 7 OSI Layer

Pengertian 7 OSI Layer
Pengertian 7 OSI Layer

PHYSICAL LAYER :

Layer ini adalah layer yang paling sederhana. Layer ini berfungsi untuk pengkodean data biner yang ditransfer dari media, seperti kabel, transceiver, dan konektor, dan menjaga koneksi fisik antar sistem yang bekerja.

 

DATA-LINK LAYER :

Layer ini lebih pintar 1 tingkatan dibanding physical layer. Layer ini menyediakan transfer data yang lebih nyata sebagai penguhubung antara media network dan layer protocol, memaketkannya menjadi frame yang berhubungan dengan hardware kemudian diangkut melalui media. Penanganan eror juga berada pada layer ini.

 

NETWORK LAYER :

Layer ini bertugas untuk menentukan internet protokol (IP), menentukan rute yang harus diambil selama perjalanan, dan mengendalikan aliran. Layer ini juga bertugas untuk mendeteksi eror dan memperbaiki eror yang terjadi.

TRANSPORT LAYER :

Layer ini merupakan pusat metode OSI. Layer ini bertugas untuk membagi data menjadi segmen-segmen, menjaga koneksi logika kedua titik akhir antar terminal, dan menyediakan penanganan error serta memperbaikinya.

 

SESSION LAYER :

Layer ini bertugas untuk menyediakan layanan ke dua layer diatasnya, melakukan koordinasi komunikasi antara entiti layer yang diwakilinya. Layer ini juga bertugas untuk menentukan bagaimana dua terminal menjaga, memelihara dan mengatur koneksi.

 

PRESENTATION LAYER :

Layer ini bertugas untuk mengkonversi dan memformat data untuk ditransger. Layer ini membentuk kode konversi, translasi data, enkripsi dan konversi.

 

APPLICATION LAYER :

Layer ini adalah layer yang paling cerdas. Layer ini menyediakan jasa untuk aplikasi si pengguna. Layer ini bertanggungjawab atas pertukaran informasi antara program komputer, seperti program e-mail, dan service lain yang jalan di jaringan, seperti server printer atau aplikasi komputer lainnya. Gateway berada pada layer ini. Gateway melakukan pekerjaan yang sama seperti sebuah router, tetapi ada perbedaan diantara mereka. Application Layer adalah penghubung utama antara aplikasi yang berjalan pada satu komputer dan resources network yang membutuhkan akses padanya. Layer Application adalah layer dimana user akan beroperasi padanya, protocol seperti FTP, telnet, SMTP, HTTP, POP3 berada pada layer Application.

Sumber : http://www.7sixty.com/why-is-it-imperative-to-understand-mental-illness-and-mental-health.asp