jaketkulitgarut.co.id

Situs jaketkulitgarut.co.id yang membagikan informasi dunia teknologi informasi dan komunikasi , dan beberapa tips menarik.

Pengertian Bahan Ajar

Pengertian Bahan Ajar

Ada beberapa pengertian tentang bahan ajar, yaitu antara lain : Bahan ajar merupakan informasi, alat dan teks yang diperlukan guru/instruktur untuk perencanaan dan penelaahan implementasi pembelajaran. Bahan ajar adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru/instruktur dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar di kelas. Bahan yang dimaksud bisa berupa bahan tertulis maupun bahan tidak tertulis. Atau bahan ajar adalah seperangkat materi yang disusun secara sistematis baik tertulis maupun tidak sehingga tercipta lingkungan/suasana yang memungkinkan siswa untuk belajar. Bahan ajar atau materi pembelajaran (instructional materials) juga merupakan pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang harus dipelajari siswa dalam rangka mencapai standar kompetensi yang telah ditentukan. Secara terperinci, jenis-jenis materi pembelajaran terdiri dari pengetahuan (fakta, konsep, prinsip, prosedur), keterampilan, dan sikap atau nilai. Disini kemudian penulis akan menggunakan istilah bahan ajar sebagai materi pelajaran untuk lebih memudahkan pemahaman.

  1. Bentuk dan Jenis Bahan Ajar

Ada beberapa bentuk bahan ajar, yaitu bahan cetak seperti : hand out, buku, modul, lembar kerja siswa, brosur, leaflet, wallcart. Audio visual seperti : video/film, VCD. Audio seperti : radio, kaset, CD, audio, PH. Visual seperti : foto, gambar, lukisan, model/maket. Kemudian bentuk bahan ajar berupa multi media seperti : CD Interaktif, Computer Based, Internet. Sedangkan jenis bahan ajar disini seperti lembar informasi (informasi sheet), Operation sheet, Jobsheet, Worksheet, Handout, Modul, dan lain-lain.

baca juga :

jaketkulitgarut

Kembali ke atas