jaketkulitgarut.co.id

Situs jaketkulitgarut.co.id yang membagikan informasi dunia teknologi informasi dan komunikasi , dan beberapa tips menarik.

Pengertian Komunikasi

Pengertian Komunikasi

Komunikasi sering dimaknakan sangat sederhana oleh kalangan masyarakat, dimana komunikasi hanya sebatas interaksi antara dua individu atau lebih. Padalah komuniikasi sendiri memiliki makna dalam dan sangat berpengaruh dalam kehidupan masyarakat, dikarenakan semua hubungan sosial yang terbangun tidak lain dan tidak bukan berawal dari komunikasi.

Pengertian Komunikasi secara Etimologis atau menurut asal katanya, istilah komunikasi berasal dari bahasa latincommunication, dan perkataan ini bersumber dari kata communis yang berarti sama, sama makna, yaitu sama makna mengenai suatu hal.[1] Dengan demikian komunikasi, menurut lexicographer (ahli kamus bahasa), “menunjuk pada suatu upaya yang bertujuan berbagi untuk mencapai kebersamaan. Sementara itu, dalam Webster New Collegiate Dictionary edisi tahun 1977 antara lain dijelaskan bahwa komunikasi adalah “suatu proses pertukaran informasi di antara individu melalui sistem lambng-lambang, tanda-tanda, atau tingkah laku”[2]

Sedangkan pengertian Komunikasi secara Terminilogi menurut Bernard Berelson dan Gary A. Steiner Komunikasi adalah transmisi informasi, gagasan, emosi, keterampilan, dan sebagainya, dengan menggunakan simbol-simbol, kata-kata, gambar, figure, grafik, dan sebagainya. Tindakan atau proses transmisi itulah yang biasanya disebut komunikasi.

Maka komunikasi adalah salasatu aktivitas yang dilakukan manusia dengan cara berinteraksi untuk menyalurkan gagasan, keterampilan dan lainnya sebagainya, sehingga terpenuhinya kebutuhan dari manusia itu sendiri. Ligkup komunikasi menyangkut persoalan-perssoalan yang ada kaitannya dengan substansi interaksi  sosial orang-orang dalam masyarakat, termasuk konten interaksi (komunikasi) yang dilakukan secara langsung maupun menggunakan media komunikasi.[3]

  1. Sejarah Perkembangan Ilmu Komunikasi

Ada empat tahap perkembangan Ilmu komunikasi, yang dimana di setiap tahapnya itu sendiri mempunyai ciri khas masing masing dan terus berkembang dari masa ke masa. Diantaranya yakni:[4]

1)      Periode Tradisi Retorika

Perkembangan lahirnya ilmu komunikasi dapat ditelusuri sejak peradaban Yunani Kuno beberapa ratus tahun sebelum masehi. Sebutan “komunikasi” dalam konteks arti yang berbeda sekarang ini memang belum dikenal saat itu. Istilah yang berlaku pada zaman tersebut adalah “retorika”. Para ahli berpendapat bahwa studi retorika sebenarnya telah ada sebelum zaman Yunani. Disebutkannya bahwa zaman kebudayaan Mesir Kuno telah ada tokoh-tokoh retorika seperti Kagemni dan Ptah-Hotep. Namun demikian tradisi retorika sebagai upaya pengkajian yang sistematis dan terorganisir baru dilakukan di zaman Yunani Kuno dengan perintisnya Aristotle.

Pengertian “retorika” menurut Aristotle, menunjuk kepada segala upaya yang bertujuan untuk persuasi. Lebih lanjut Aristotle menyatakan bahwa retorika mencakup tiga unsur yakni: ethos (kredibilitas sumber, pathos (hal yang menyangkut emosi/perasaan) dan, logos (hal yang menyangkut fakta)

sumber :

https://nashatakram.net/layanan-otomotif-seva-id/

jaketkulitgarut

Kembali ke atas