PENYAKIT ATAU KELAINAN PADA SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA

PENYAKIT ATAU KELAINAN PADA SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA

PENYAKIT ATAU KELAINAN PADA SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA

PENYAKIT ATAU KELAINAN PADA SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA
PENYAKIT ATAU KELAINAN PADA SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA

 

Berikut yaitu beberapa penyakit yang terjadi pada sistem peredaran darah insan :

Hemofilia

Hemofilia merupakan kelainan dimana darah sukar untuk membeku. Sehingga apabila terjadi luka darah akan sukar membeku. Hemophilia terjadi lantaran ada kelainan sistem pembekuan darah dan merupakan penyakit keturunan.

Anemia

Anemia merupakan penyakit kekurangan sel darah merah (eritrosit). Sehingga berdampak pada berkurangnya hemoglobin (zat pengikat oksigen). Penyakit ini bisa disebabkan oleh kuangnya zat besi atau lantaran terjangkit malaria dan cacing tambang.

Eritroblastosis fetalis

Disebut juga penyakit kuning pada bayi yang gres lahir. Disebabkan oleh rusaknya sel – sel darah oleh zat penggumpal darah pada darah ibu. Penyakit ini terutama disebabkan oleh perbedaan faktor Rh (Rhesus) antara darah ibu dan janin.

Polisitemia

Berlebihnya volume sel darah merah. Sehingga meningkatkan kekentalan darah. Akibatnya, ajaran darah terganggu dan kerja jantung meningkat.

Leukemia

Berlebihannya jumlah sel darah putih lantaran pembelahan yang tidak terkontrol. Penyakit ini disebabkan oleh kanker yang menyerang jaringan penghasil sel darah putih.

Leukopenia

Turunnya jumlah sel darah putih dalam tubuh. sehingga akan menurunkan kekebalan tubuh.

Talasemia

Meupakan kelainan dimanan daya ikat eritrosit terhadap oksigen rendah. Terjadi lantaran kegagalan pembentukan hemoglobin. Penyakit ini bersifat menurun.

Sklerosis

Merupakan penyakit akhir penyempitan pembuluh nadi karen endapan lemak (aterosklerosis) atau kapur (ateriosklorosis). Sclerosis yang terjadi pada pembuluh jangtung (koronariasis) sanggup menimbulkan penyakit jantung koroner atau serangan jantung. Sedangkan pada pembuluh darah otak sanggup menimbulkan stroke.

Trombus dan embolus

Merupakan penyakit jantung yang disebabkan oleh penggumpalan di dalam pembuluh nadi jantung.

Varises

Pelebaran pembuluh darah vena yang umumnya terjadi di betis. Varises yang terjadi disekitar anus disebut ambeien (hemoroid).

Kebocoran katup jantung

Kelainan ini disebabkan suatu abses sehingga katup jantung tidak sanggup menutup dengan baik sehingga bocor.

Hipertensi

Disebut juga tekanan darah tinggi. Ditandai dengan tekan sistol/diastol yang melebihi 130/80 mmHg dalam waktu yang usang dan biasanya diikuti oleh rasa pusing. Hipertensi bisa merupakan efek dari acara yang berat, berpikir yang keras, dan penyempitan pembuluh darah. Apabila tekanan sangat berpengaruh kuat (tinggi) maka sanggup menimbulkan pecahnya pembuluh darah.

Hipotensi

Hipotensi merupakan kebalikan dari hipertensi. Yaitu, tekanan darah rendah. Pada kondisi ini tekanan sistol/diastol kurang dari 100/50 mmHg. Hipotensi juag diikuti oleh pusing dan tubuh terasa lemas tidak bertenaga dan bergairah.

Stroke

Merupakan penyakit kaku yang menyerang anggota tubuh. diakibatkan oleh berhentinya suplai darah ke otak. Berhentinya suplai darah bisa diakibatkan adanya penyumbatan pembuluh darah atau pecahnya pembuluh darah.

AIDS (aqquired immune deficiency syndrome)

Menurunny kekebalan tubuh akhir abses HIV (human immunodeficiency virus) pada sel darah putih. Sehingga penderita tidak bisa lagi melawan semua bentuk infeksi.

Baca Juga: