PERANAN BOKASHI TERHADAP TANAMAN

PERANAN BOKASHI TERHADAP TANAMAN

PERANAN BOKASHI TERHADAP TANAMAN

PERANAN BOKASHI TERHADAP TANAMAN
PERANAN BOKASHI TERHADAP TANAMAN

Pupuk organik

dengan susunannya yang kompleks selain menambah kandungan unsur hara di dalarn tanah juga berfungsi untuk memperbaiki struktur tanah. Penerapan teknologi Effective Microorganisme (EM4) merupakan suatu teknologi alternatif yang memberikan peluang seluas – luasnya untuk meningkatkan dan menjaga stabilitas produksi tanaman pertanian. Hasil fermentasi bahan organik dengan inokulan EM4, disebut dengan Bokashi.

Bokashi

merupakan hasil fermentasi bahan organik (jerami, arang, sekam, gulma, sisa tanaman yang tidak berguna sampah pasar dan lain – lain) dengan menerapkan teknologi EM4.

Bokashi sangat

berguna bagi petani sebagai sumber pupuk organik yang siap pakai dalam waktu singkat. Petani padi, palawija, sayur, bunga dan buah sangat banyak mernerlukan pupuk organik, sehingga bokashi dapat merupakan kunci keberhasilan produksi pertanian dengan biaya murah.

Senyawa organik

yang terkandung dalam bokashi lebih cepat tersedia dan mudah diserap oleh perakaran tanaman pada lahan yang diberi bokashi dibanding yang diberi pupuk organik biasa. Senyawa fosfat umumnya tidak larut didalam tanah, sehingga sulit tersedia bagi tanaman. Dengan pemberian EM4, senyawa fosfat yang ada di dalam tanah dapat dilarutkan, sehingga menjadi tersedia bagi tanaman. Dengan demikian, pemberian EM4, dapat meningkatkan ketersediaan fosfat bagi tanaman.

Baca Artikel Lainnya: