jaketkulitgarut.co.id

Situs jaketkulitgarut.co.id yang membagikan informasi dunia teknologi informasi dan komunikasi , dan beberapa tips menarik.

Perbandingan Berdasarkan Bentuk Negara

Perbandingan Berdasarkan Bentuk Negara

Perbandingan Berdasarkan Bentuk Negara

Secara garis besar bentuk negara di dunia terbagi menjadi :

  1. Negara Kesatuan dapat disebut sebagai negara unitaris adalah negara yang tidak tersusun dari beberapa negara melainkan hanya terdiri atas satu negara sehingga tidak ada negara dalam negara. Dalam negara kesatuan hanya ada satu pemerintah yaitu pemerintah pusat yang mempunyai kekuasaan dan wewenang tertinggi dalam bidang pemerintahan negara, menetapkan kebijakan pemerintahan dan melaksanakan pemerintahan baik di pusat maupun didaerah. Pemerintah pusat memegang kedaulatan sepenuhnya, baik ke dalam maupun ke luar. Hubungan antara pemerintah pusat dengan rakyat dan daerahnya dapat dijalankan secara langsung. Dalam negara kesatuan hanya ada satu konstitusi, satu kepala negara, satu dewan menteri (kabinet), dan satu parlemen. Negara kesatuan dapat dibedakan menjadi dua macam sistem, yaitu Sentralisasi, dan Desentralisasi.
  2. Negara Serikat adalah negara bersusunan jamak, terdiri atas beberapa negara bagian yang masing-masing tidak berdaulat. Kendati negara-negara bagian boleh memiliki konstitusi sendiri, kepala negara sendiri, parlemen sendiri, dan kabinet sendiri, yang berdaulat dalam negara serikat adalah gabungan negara-negara bagian yang disebut negara federal. Setiap negara bagian bebas melakukan tindakan ke dalam, asal tak bertentangan dengan konstitusi federal. Tindakan ke luar (hubungan dengan negara lain) hanya dapat dilakukan oleh pemerintah federal. Ciri-ciri negara serikat/ federal yaitu :
  3. tiap negara bagian memiliki kepala negara, parlemen, dewan menteri (kabinet) demi kepentingan negara bagian;
  4. tiap negara bagian boleh membuat konstitusi sendiri, tetapi tidak boleh bertentangan dengan konstitusi negara serikat.
  5. hubungan antara pemerintah federal (pusat) dengan rakyat diatur melalui negara bagian, kecuali dalam hal tertentu yang kewenangannya telah diserahkan secara langsung kepada pemerintah federal.

Jika dilihat dari sejarah ketatanegaraan berdasarkan  konstitusi maka bentuk negara Indonesia telah mengalami perubahan bentuk negara beberapa kali  sebagai berikut :

  1. Pada masa UUD 1945 yang pertama

Berdasarkan Pasal 1 ayat 1 UUD 1945 yang asli bahwa : “Negara Indonesia ialah Negara Kesatuan, yang berbentuk Republik”. Berdasarkan UUD 1945 original dapat disimpulkan bahwa pada masa diberlakukannya UUD yang pertama, bahwa bentuk negara Indonesia adalah berbentuk negara kesatuan. Berdasarkan Pasal 18 UUD 1945 Indonesia menganut bentuk negara kesatuan dengan sistem desentralisasi dan dekonsentrasi. Namun pada pelaksanaannya berdasarkan Undang-undang organik dari pasal 18 UUD 1945 yaitu Undang-undang Nomor 22 tahun 1948 Undang-Undang Pokok tentang Pemerintahan Daerah pada Konsideran bagian Menimbang  beserta pasal-pasalnya      hanya     mengatur      pelaksanaan    penyelenggaraan  pemerintahan daerah-daerah otonom saja.

  1. Pada masa Konstitusi RIS 1949

Konstitusi RIS 1949 adalah konstitusi negara federasi dengan sistem parlementer yang masih bersifat sementara. Materi pasal konstitusi RIS telah memenuhi kriteria menjadi konstitusi demokratik karena memuat tiga pokok penting dalam UUD yakni jaminan terhadap HAM, ditetapkannya susunan ketatanegaraan yang bersifat mendasar dan adanya pembagian dan pembatasan tugas-tugas ketatanegaraan yang bersifat mendasar.

sumber :

Pool Billiards 3D 1.2 Apk for android

jaketkulitgarut

Kembali ke atas