jaketkulitgarut.co.id

Situs jaketkulitgarut.co.id yang membagikan informasi dunia teknologi informasi dan komunikasi , dan beberapa tips menarik.

PERJUANGAN DIPLOMASI

PERJUANGAN DIPLOMASI

                 Setiap kali menderita kekalahan, Letjen Christison, Pemimpin sekutu berusaha mempertemukan pemimpin Indonesia dan Belanda lewat meja perundingan. Beberapa perundingan yang terjadi antara lain :

  1. PERUNDINGAN RI-BELANDA DI JAKARTA

                 Dilaksanakan 10 Februari sampai 12 Maret 1946 di Jakarta. Indonesia diwakili oleh Perdana Menteri Sutan Syahrir serta Belanda diwakili oleh Clark Kerr dan Lord Killearr. Perundingan ini disetujui kesepakatan sebagai berikut.

  1. i)Belanda mengakui kedaulatan RI secara de facto atas Jawa dan Sumatera.
  2. ii)Belanda dan RI bekerja sama membentuk RIS.

iii)  RIS dan Nederland, Suriname menjadi peserta dalam ikatan negara Belanda.

(Tim MGMP Sejarah Kota Surakarta, hal 43)

  1. PERUNDINGAN DI HOOGE VELUWE

                 Dilaksanakan 14-25 April 1946 di Hooge Veluwe, negeri Belanda. Pihak RI di wakili oleh Mr. Soewandi, dr. Soedarsono, dan Mr. A.K. Pringgodigdo. Pihak Belanda diwakili oleh H.J. Van Mook, Prof. Logemann, Dr. Van Royen, Van Asbeck, Sultan Hamid II, dan Soerjo Santoso. Penengahnya, sekutu diwakili oleh Clark Kerr.

                 Belanda dalam pertemuan ini menolak isi perundingan yang telah dicapai Syahrir-Van Mook-Clark Kerr di Jakarta (pengakuan kedaulatan RI atas Jawa dan Sumatra diakui Belanda). Perundingan ini tidak membuahkan hasil.

(Tim MGMP Sejarah Kota Surakarta, hal 43)

 

Sumber :

https://robinschone.com/incognito-di-browser-masih-bisa-dilacak/

jaketkulitgarut

Kembali ke atas