jaketkulitgarut.co.id

Situs jaketkulitgarut.co.id yang membagikan informasi dunia teknologi informasi dan komunikasi , dan beberapa tips menarik.

  Perkembangan Fisik Psikologi Remaja

  Perkembangan Fisik Psikologi Remaja  Perkembangan Fisik Psikologi Remaja

Seperti yang telah dijelaskan bahwa setiap fase perkembangan dalam rentang hidup individu saling mempengaruhi fase lainnya, fase remaja merupakan salah satu fase yang penting dan berdampak luas pada fase berikutnya. Pada masa remaja awal, terjadi pertumbuhan fisik yang sangat pesat, seperti tingga badan yang mulai menyamai orang dewasa, terbentuknya otot otot dan optimalnya kerja fungsional organ tubuh tertentu. Dalam perkembangan fisik remaja ini yang paling penting dan dominan diantaranya yaitu :

  1. Perkembangan Seksual
  2. Ciri Ciri Seks Primer

Perkembangnan psikologi remaja pria mengalami pertumbuhan pesat pada oragan testis, pembuluh yang mulai memproduksi kelenjar sperma dan prostat. Kematangan organ organ reproduksi pada pria ini memungkinkan pada usia sekitar 14 – 15 y.o  mereka mengalami wet dream . sementara pada wanita terjadi pertumbuhan yang cepat pada organ uterus dan ovarium yang mulai menghasilkan ovarium dan hormon untuk kehamilan, akibatnya terjadilah siklus menarche (menstruasi petama) yang sering diiringi dengan sakit kepala, sakit pinggang, kelelahan,depresi dan mudah tersinggung. Siklus haid ini biasanya telah dimulai kisaran usia 9-15 y.o.

  1. Ciri Ciri Seks Sekunder

Selain menunjukan perkembangan seks primer, individu yang mengalami pubertas juga menujukan ciri ciri seks sekunder yang melengkapi kematangan individu sehingga tampak sebagai laki laki atau perempuan. Remaja pria mengalami pertumbuhan bulu bulu kumis, jambang, janggut, dan pada area lainya, tumbuh jakun, suara menjadi parau dan rendah, kulit berubah menjadi kasar. Pada wanita juga mengalami petumbuhan bulu secara lebih terbatas, pertumbuhan juga terjadi pada organ yang akan memprodusi air susu serta pada daerah panggul sebagai persiapan untuk proses melahirkan.

Sumber :

https://civitas.uns.ac.id/kasiono/jasa-penulis-artikel/

 

jaketkulitgarut

Kembali ke atas