jaketkulitgarut.co.id

Situs jaketkulitgarut.co.id yang membagikan informasi dunia teknologi informasi dan komunikasi , dan beberapa tips menarik.

Perkembangan Pendidikan Islam Pada Masa Daulah Abbasiyah

Perkembangan Pendidikan Islam Pada Masa Daulah Abbasiyah

  1. Faktor- Faktor Yang Mendorong Kemajuan Pendidikan.

  1. Adanya kekayaan yang melimpah dari  pertanian atau pun perdagangan, dengan dana dari hasil kekayaan tersebut para khalifah dapat dengan mudah merencanakan  dalam pengembangan ilmu pengetahuan
  2. Perhatian beberapa khalifah yang besar kepada ilmu pengetahuan seperti Al-Mansyur (754-775 M ), Harun Al- Rasyid (775-785 M), Al-Watiq (824-847) Dan lain – lain. Dan tak kalah pentingnya ia pengaruh keluarga Barmak, yang berasal dari Balkh (Bactra) pusat ilmu pengetahuan dan filsafat yunani di Bagdad mereka menjadi pendidik bagi anak – anak khalifah.
  3. Kecenderungan umat islam didalam menggali dan mengembangkan ilmu pengetahuan besar sekali, maka banyaklah ulama disetiap kota pada masa itu
  4. Lancarnya hubungan kerja sama dengan negara – negara maju seperti India, dan lainya.
  5. Umat islam pada masa itu telah bercampur baur dengan orang – orang Persia terutama Mawali mereka inilah yang memindahkan ilmu pengetahuan dan filsafat dari bahasa mereka kedalam bahas arab[3].

Dibeberapa faktor diatas merupakan faktor yang mendorong kemajuan pendidikan pada saat ini.

  1. Lembaga – Lembaga  Pendidikan Islam Pada Masa Daulah Abbasiyah
  2. Kutab Atau Maktab

Berasal dari kata kataba yang berarti menulis atau tempat menulis. Namun akhirnya memiliki pengertian sebagai lembaga pendidikan dasar.menurut catatan sejarah kuttab telah ada sejak pra islam.

Kutab pada masa ini merupakan kelanjutan dari kuttanb masa daulah ummayyah. Para ahli sejarah pendidikan islam sepakat bahwa keduanya merupakan istilah yang sama dalam arti lembaga pendidikan islam tingkat dasar yang mengajarkan memebaca dan menuliskemudian meningkatkan kepada pengajaran al-quran dan pengetahuan agama tingkat dasar. Dan ada yang berpendapat bahwa kuttab adalah istilah lembaga pendidikan klasik atau dahulu dan muktab adalah istilah dari lembaga pendidikan modern.

  1. Masjid

Fungsi masjid yang dijelaskan dalam berbagai linteratur bukan sekedar berfungsi sebagai tempat beribadah saja melainkan sebagai tempat pusat kegiatan kependidikan ilmu agama dan kebudayaan ataupun seni.

Sistem pembelajaran dimasjid adalah halaqoh, dan materi pembelajarannya seperti nahwu, ilmu kalam, fiqih dan lain lain.dan sisitem ini terjadi di masjid al kasai dan al manshur di bagdad.

Selanjut seiring bertambahnya pengetahuan dan zaman maka bertambahlah ilmu – ilmu yang muncul seperti ilmu kedokteran dan bahasa dan lain sebagainya.

  1. Pendidikan Rendah Di Istana (Qurhur)

Timbulnya pendidikan rendah di istana untuk anak – anak para pejabat didasarkan atas pemikiran bahwa pendidikan itu harus bersifat menyeiapkan peserta didik agar mampu melaksanakan tugas – tugasnya kelak dewasa. oleh karena itu para pejabat istanamemanggil guru – guru khusus agar dapat memberi ilmu pengetahuan dan pendidikan kepada anak – anak pejabat tersebut.

https://phpmag.net/clay-and-fire-apk/

jaketkulitgarut

Kembali ke atas