Pesiapan Kolam Untuk Pembenihan Ikan Patin

Pesiapan Kolam Untuk Pembenihan Ikan Patin

Pesiapan Kolam Untuk Pembenihan Ikan Patin

Pesiapan Kolam Untuk Pembenihan Ikan Patin
Pesiapan Kolam Untuk Pembenihan Ikan Patin

Untuk kolm baru baik terpal terpal atau-pun beton tidak ada hal spesial perlu anda lakukan , akan tetapi untuk yang telah terpakai sebelumnya untuk budidaya , ada hal perlu di perhatikan sesaat sebelum bibit dimasukkan ke dalam kolam :

  • Harus dibersihkan dari segala kotoran ,baik dengan cara di brus memakai sikat kawat (beton) jika perlu semprotkan di dinding dengan cairan formalin dicampur dengan air bersih.
  • Isi dengan air dengan ketinggian air antara 30 sampai dengan 50 cm , gunanya agar si bibit tidak terlalu mengelauarkan energy lebih bila mengambil nafas.
  • Tebarkan larutan kalium permanganat secara merata di dalam.
  • Diamkan air 2 sampai dengan 5 hari lalu bibit siap ditebar.

Pembenihan Budidaya

cara budidaya ikan patin di kolam tanah ,ikan patin di kolam terpal ,buku budidaya ikan patin di kolam terpal ,budidaya ikan patin di kolam tembok ,budidaya ikan patin organik ,

Bila ingin proses pembenihan sendiri itu berate anda harus memulai lebih awal lagi , untuk lebih mudah anda dapat membeli di tempat penjualan bibit patin.

Penebaran Benih Budidaya

umpan ikan bawal – Sebelum bibit ditebar dihitung terlebih dahulu kepadatan tebar benihnya. Untuk ikan patin padat tebarnya adalah 20 sampai dengan 30 ekor meter persegi. Artinya setiap satu meter kubik mampu memelihara 20 samapai dengan 30 ekor patin sampai ukuran dapat di konsumsi. Sebagai contoh , kolam ukuran 10m x 10m x 1m , idealnya mampu membesarkan ikan patin antara 2000 sampai dengan 3000 ekor , namun terkadang petani budidaya ikan patin menebar lebih dari situ.

Cara Menebarkan Bibit Budidaya Kedalam Kolam

  • Benih selagi masih di dalam kantong plastik didiamkan mengapung terlebih dahulu dipermukaan air kurang lebih sekitar20 menit.
  • Setelah itu buka plastik lalu masukkan air kolamke kantong dengan perbandingan 1 air kantong plastic banding 0 ,5 air selama 5 menit. Manfaatnya agar bibit patin dapat menyesuaikan perubahan lingkungan dan terbukti cara cara ini mengurangi resiko mati.
  • Setelah 5 menit baru benih bisa dilepaskan.
  • Waktu pelepasan benih ke kolam baiknya dilakukan pada waktu pagi hari atau sore hari karena pada waktu itu suhu air tidak panas sehingga ikan mudah beradaptasi dalam kolam.