Radeon Xpress 200 Series

Radeon Xpress 200 Series

Radeon Xpress 200 Series

Radeon Xpress 200 Series
Radeon Xpress 200 Series

Mulai mengunjukkan kemampuan memproduksi chipset sejak tahun 2003 yang lalu. Diawali dengan RADEON 9100 IGP. Kala itu, ia menjadi salah satu motherboard dengan onboard graphic favorit. Seiring dengan waktu, maka ATi terus mengembangkan kemampuan produknya.

Radeon Xpress 200 series memang merupakan jajaran chipset andalan Ati untuk sekarang. Pada seri ini pula, juga tersedia CrossFire. Solusi scalabledual Graphic Card untuk ATi Radeon.

Radeon Xpress 200 mempunyai debut yang mengesankan. Sebagi graphic onboard pertama yang menawarkan banyak fitur dan teknologi, dibandingkan pesaingnya saat diluncurkan. Dengan core X300 VPU. Atau hampir bisa disetarakan dengan video card dengan VPU Raden 9600. Dukungan multiple display juga diperkenalkan pertama kali, tersedia pada sebuah graphic onboard. Tersedianya integrated TV encoder dengan adanya on-chip DAC, juga untuk yang pertama kalinya. Mengikuti kebutuhan penggunanya, ia juga tidak meninggalkan kemampuan upgrade. Graphics Card Interface untuk PCIe x16 masih juga tersedia.

Untuk AMD dan Intel

Radeon Xpress200 merupakan seri chipset yang terbilang lengkap. Dari seri yang sama, Radeon memiliki beberapa varian. Radeon Xpress200, dengan solusi graphic onboard. Baik untuk platform processor AMD maupun Intel. Radeon Xpress200P, chipset dengan discreet graphic controller. Dan Radeon Xpress CrossFire, konfigurasi scalable dual VGA yang digunakan menjadi standar oleh ATi.

Dari Desktop Sampai Notebook

Radeon Xpress bukan lagi berita baru. Namun fakta mengatakan, ia termasuk solusi graphic onboard paling populer. Pemanfaatannya dapat Anda temukan tidak hanya pada PC, media center,ataupun workstation. Notebook pun juga banyak yang menggunakannya.

nVIDIA

nVIDIA juga merupakan salah satu produsen besar GPU (Graphics Processing Units). Bersama dengan ATi, keduanya mendominasi pasar graphic card untuk PC di dunia. Jika Ati digunakan pada console Xbox 360, solusi nVIDIA pun juga digunakan pada beberapa game console. Xbox original versi terdahulu juga dipersenjatai nVIDIA. Juga console mendatang Playstation 3 juga dipersenjatai oleh nVidia. Lebih dikenal dengan produk graphicnya, GeForce. Meskipun ini bukan satusatunya produk yang dimilikinya. Masih ada nForce untuk solusi chipset motherboard dan Quadro untuk kebutuhan profesional.

nForce 6100/6150 GPU

nForce 6100/6150 GPU, disebut dengan code name C51. Memang tidak ada aturan pasti untuk penyebutannya. Maka jangan heran, Anda akan melihatnya disebut dalam nama yang berbeda pada produknya kelak.

Sebagai produk dengan teknologi terbaru, tidak aneh jika memiliki berbagai keunggulan. Mulai dari dukungan DirectX, yang memang paling hebat untuk ukuran sebuah graphic controller onboard.

Sebagai catatan, terakhir kali nVIDIA memiliki alternatif solusi produk chipset motherboard all-in-one adalah pada nForce2, lengkap dengan Sound-Storm. Sayangnya, proyek SoundStormn tersebut untuk sementara tidak dilanjutkan.

Dan tidak hanya SoundStorm saja yang sempat dibekukan. Pada nForce3, solusi graphic onboard dari nVIDIA sama sekali tidak tersedia. Baru pada nForce4, solusin IGP tersedia kembali pada chipset nVIDIA.

Sumber : https://forbeslux.co.id/