Resmi Dirilis, Cek Pengumuman Lengkap SNMPTN Di Sini

Resmi Dirilis, Cek Pengumuman Lengkap SNMPTN Di Sini

Resmi Dirilis, Cek Pengumuman Lengkap SNMPTN Di Sini

Resmi Dirilis, Cek Pengumuman Lengkap SNMPTN Di Sini
Resmi Dirilis, Cek Pengumuman Lengkap SNMPTN Di Sini

Setelah menunggu beberapa waktu, Panitia Pusat Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi

Negeri (SNMPTN) akhirnya merilis data peserta yang lulus proses seleksi. Dari 586.155 siswa yang mendaftar, seleksi kali ini hanya menyisahkan 110.946 siswa saja yang dinyatakan lulus untuk masuk 85 PTN.

Bagi pembaca JawaPos.com yang ingin mengetahui status seleksinya, bisa mengunduh informasi itu di bawah artikel ini sesuai universitas yang kamu pilih. Dari data itu, siswa bisa mengetahui apakah dirinya lolos masuk PTN atau tidak. Sebab, dari banyaknya pendaftar, yang lolos hanya 18,92 persen saja.

“Untuk Bidikmisi tahun ini, yang lolos 28.069 siswa ya. Selamat untuk semua dan jangan lupa mencermati ketentuan di PTN masing-masing,” ujar Ravik di Jakarta, Selasa (17/4).

Lebih lanjut Ravik menjelaskan, untuk para calon mahasiswa agar tidak lupa daftar ulang di masing-masing PTN. Rencananya, proses itu bisa dilakukan pada 8 Mei 2018.

’’Untuk yang belum lulus, tenang. Masih banyak PTN yang mempunyai pangsa pasar menerima mahasiswa baru. Jadi, masih banyak kesempatan,’’ tuturnya.
Ravik lantas menjelaskan beberapa hal yang harus dipenuhi calon mahasiswa sebelum resmi menjadi mahasiswa PTN. Diantaranya:

1. Status penerimaan Peserta SNMPTN sebagai mahasiswa di PTN tujuan,

akan ditentukan berdasarkan verifikasi data akademik (rapor dan portofolio asli serta menunjukkan ijazah/surat keterangan tanda lulus (SKTL) asli) yang akan dilaksanakan oleh PTN tempat Peserta SNMPTN diterima.

2. Kehadiran pada saat registrasi (daftar ulang) pada 8 Mei 2018 menentukan proses verifikasi dan status penerimaan Peserta SNMPTN sebagai mahasiswa PTN.

3. Setelah Peserta SNMPTN dinyatakan lolos verifikasi, maka status Peserta SNMPTN ditetapkan diterima oleh rektor PTN sebagai mahasiswa di PTN tujuan tersebut.

4. Bagi Peserta SNMPTN yang merupakan Peserta Bidikmisi, selain dilakukan verifikasi terhadap data akademik, PTN tujuan juga melakukan verifikasi data ekonomi dan/atau kunjungan ke alamat tinggal Peserta.

5. Syarat, ketentuan registrasi (daftar ulang) harus dilihat di website atau laman PTN

tujuan masing-masing.

Dalam pengumumannya, Ravik memberitahukan yang belum diterima melalui SNMPTN 2018 masih mendapat kesempatan mengikuti SBMPTN 2018. Pendaftarannya akan ditutup pada 27 April 2018 mendatang. Begitupun pendaftar bidik misi SBMPTN 2018, tetap dibebaskan dari biaya pendaftaran.
“Dengan melakukan pendaftaran secara lebih cepat akan lebih memudahkan dan memperlancar proses pendaftaran,” pungkasnya.

 

Sumber :

https://miralaonline.net/nomina-dan-pronomina-adalah/