Sejarah Sulap di Dunia

Sejarah Sulap di Dunia

Sejarah Sulap di Dunia

Sejarah Sulap di Dunia
Sejarah Sulap di Dunia

Sobat, sering melihat seseorang yang dimasukan ke box kemudian menghilang? atau tisu  yang tiba-tiba berubah burung merpati? itu adalah salah satu dari trik sulap. Nah bagaimana sebenarnya asal mula lahirnya  sulap ini? yuk baca Sejarah Sulap di Dunia berikut ini.

Pada zaman batu, menciptakan api dianggap sebagai sulap

Namun yang akan kita bahas kali ini adalah sulap yang merupakan bagian dari seni pertunjukan. Jejak penemuan sulap terekam dalam bukti dokumen tertua yang ditulis sekitar tahun1700 SM dalam lembaran papyrus. Di lembaran tersebut tertulis bahwa sulap ditemukan oleh Deddy, berasal dari mesir.

Ia dipanggil oleh kerajaan untuk memberikan hiburan untuk Sang Raja Cheops

Saat itu Ia menunjukan atraksi memotong kepala seekor hewan dan mengembalikannya lagi dalam keadaan hidup. Raja lalu meminta dirinya untuk mengulang atraksinya dengan menggunakan narapidana, namun Deddy menolaknya dan memilih menggantinya dengan seekor sapi jantan.

Meski waktu terus bergulir, tidak banyak catatan sejarah yang mengkisahkan tentang sulap ini

Namun Egyptologis menyatakan bahwa ada catatan lukisan di sebuah dinding kuburan Mesir Tua di Beni Hasan yang berumur antara 2500-2200 tahun sebelum Masehi, yang menceritakan tentang trik sulap. Trik dalam lukisan ini  terkenal dengan trik Cups and balls.  Lukisan tersebut menggambarkan dua orang yang sedang bermain dengan empat buah cangkir. Trik ini pun masih popular hingga saat ini.

Pada abad ke-18 sulap menjadi suatu bentuk pertunjukan yang sangat populer

Isaac Fawkes (1675-1731) merupakan seseorang yang mempopulerkan sulap di Inggris. Salah satu dari kehebatannya adalah trik pohon apel yang tumbuh, mekar & menghasilkan buah hanya dalam waktu kurang dari satu menit. Dia menjadi sangat terkenal dan menjadi kaya raya hingga kematiannya.

Giuseppe Pinetti (1750-1800), lahir di Itali, merupakan sosok lain yang juga penting dalam sejarah sulap. Begitu tenarnya hingga ia sering diminta tampil untuk keluarga kerajaan. Namun pada tahun 1783, saat ia sedang mengadakan pertunjukan di Paris, Henri Decremps, seorang ahli hukum yang juga seorang pesulap amatir, membongkar metode sulap Pinetti dalam sebuah buku. Ironisnya hal tersebut justru menjadikan Pinetti makin tenar, bahkan lebih tenar dari sebelumnya.

Baca juga artikel: