jaketkulitgarut.co.id

Situs jaketkulitgarut.co.id yang membagikan informasi dunia teknologi informasi dan komunikasi , dan beberapa tips menarik.

Setahun Indonesia dalam Cuitan

Setahun Indonesia dalam Cuitan

Setahun Indonesia dalam Cuitan
Setahun Indonesia dalam Cuitan

TAHUKAH Anda, Indonesia termasuk salah satu negara yang sangat produktif di jejaring sosial Twitter? Menurut Country Head Twitter Indonesia, Roy Simangunsong, tidak kurang dari 4,1 miliar cuitan berasal dari Indonesia dalam kurun setahun belakangan.

Meski tidak mengeluarkan jumlah pasti, dalam acara #RameDiTwitter, Jakarta, Selasa (6/12) itu, Roy mengatakan sejak Ramadan, pertumbuhan jumlah orang yang mencuit mencapai 10% per hari.
Pengguna aktif setiap harinya mencapai 77%, kebanyakan generasi milenial. Hal itu makin ditopang penambahan fitur baru yang tersedia di Twitter.

Twitter Indonesia pun merilis daftar momen, tanda pagar

, dan cuitan yang amat sering dibagikan di dalam platform yang menyebut diri sebagai Information discovery network tersebut. Beberapa kali, hal yang ramai dibicarakan pengguna Twitter di Indonesia, juga menjadi trending topic tidak hanya di Indonesia, namun juga di tingkat dunia.

Lebih menarik, isu-isu kebangsaan ternyata menempati posisi teratas dalam tiga urutan teratas di 10 tagar populer 2016.

Termasuk di antaranya yakni di urut­an pertama adalah #RI71 ketika Indonesia merayakan ulang tahunnya yang ke-71, tagar #KamiTidakTakut, dan #PrayForJakarta menjadi keberanian, doa, dan harapan Indonesia melawan aksi terorisme di Sarinah. Barulah setelah itu, menyusul tagar terkait minat di bidang olahraga, musik K-Pop, dan lainnya.

Menyoroti banyaknya isu terkait kebangsaaan di media sosial

, budayawan Radhar Panca Dahana mengatakan munculnya tagar-tagar itu dipicu dari suatu peristiwa yang menimbulkan rasa nasionalisme netizen.

Twitter menjadi salah satu pilihan netizen mengekspresikan pikiran dan kepedulian mereka. “Natural (bila ada peristiwa yang memicu). Seperti ketika ada masalah di Aceh, kita peduli dan muncul tanda tagar,” ujar Radhar kepada Media Indonesia di Jakarta, Kamis (8/12).

Tanda tagar muncul sebagai suatu yang mampu mempengaruhi

tuntutan mereka baik secara personal, komunal, hingga nasional. Semakin besar pe­ngaruhnya, semakin luas dimensinya. “Tinggal tergantung konten setiap tagar,” ucapnya. (M-4)

 

Baca Juga :

jaketkulitgarut

Kembali ke atas