jaketkulitgarut.co.id

Situs jaketkulitgarut.co.id yang membagikan informasi dunia teknologi informasi dan komunikasi , dan beberapa tips menarik.

Sistem Ekonomi Dan Peranan Perusahaan

Sistem Ekonomi Dan Peranan PerusahaanSistem Ekonomi Dan Peranan Perusahaan

Yang dimaksud sistem ekonomi adalah suatu cara untuk mengatur dan mengorganisasi segala aktivitas ekonomi dalam masyarakat baik yang dilakukan oleh pemerintah atau swasta berdasarkan prinsip tertentu dalam rangka mencapai kemakmuran atau kesejahteraan.

Menurut Gilarso (1992:486) sistem ekonomi adalah keseluruhan tata cara untuk mengoordinasikan perilaku masyarakat (para konsumen, produsen, pemerintah, bank, dan sebagainya) dalam menjalankan kegiatan ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, investasi, dan sebagainya) sehingga menjadi satu kesatuan yang teratur dan dinamis, dan kekacauan dapat dihindari.

Sedangan McEachern berpendapat bahwa sistem ekonomi dapat diartikan sebagai seperangkat mekanisme dan institusi untuk menjawab pertanyaan apa, bagaimana, dan untuk siapa barang dan jasa diproduksi (what, how, dan for whom).

  1. Sistem Ekonomi Pasar Bebas

adalah sistem ekonomi yang memberikan kebebasan kepada masyarakat untuk menentukan dan mengatur sendiri kegiatan ekonomi yang ingin mereka lakukan sesuai dengan kemampuannya masing-masing. Kebebasan tersebut meliputi semua kegiatan pokok perekonomian seperti produksi, konsumsi,dan distribusi.

Dalam sistem ekonomi ini, harga ditentukan oleh kekuatan persaingan di pasar atau dengan kata lain masalah pokok ekonomi dipecahkan di pasar oleh kekuatan permintaan dan penawaran yang disebut juga mekanisme pasar. Pelaku ekonomi pasar bebas mempunyai kebebasan gerak dalam perekonomian tanpa adanya campur tangan dan hambatan dari pemerintah. Sehingga sistem ekonomi pasar bebas disebut juga sistem ekonomi liberal. Negara yang menganut sistem ini, yaitu Amerika Serikat dan negara-negara Eropa Barat.

Ciri-Ciri Ekonomi Pasar Bebas:

  1.  Semua alat dan sumber produksi di milik perseorangan
  2.  Orang bebas memilih lapangan pekerjaan dan bidang usaha sendiri.
  3.  Para produsen bebas menentukan apa dan berapa yang akan diproduksi

 dengan harapan mendapatkan laba yang sebesar-besarnya

  1.  Campur tangan negara ditiadakan/ dibatasi.
  2.  Ada persaingan antarpengusaha.

Sumber :

http://linux.blog.gunadarma.ac.id/2020/07/22/400-benda-peninggalan-viking-dicuri-dari-museum-norwegia/

 

jaketkulitgarut

Kembali ke atas