Sistem Peternakan Ayam yang Harus Anda Tahu

Sistem Peternakan Ayam yang Harus Anda Tahu

Sistem Peternakan Ayam yang Harus Anda Tahu

 

Sistem Peternakan Ayam yang Harus Anda Tahu

Ada dua jenis cara ternak ayam yang bisa anda lakukan dan mempunyai kelebihan dan kelemahan masing-masing. Anda bisa memilih salah satunya yang cocok dengan keinginan dan kemampuan anda.

1. Ternak Mandiri

Usaha jenis ini termasuk dalam jenis usaha mandiri. Untuk itu anda harus menyiapkan berbagai kebutuhan secara mandiri. Mulai dari penyiapan kandang, penyediaan bibit, mengatur pemberian makan, obat-obatan, dan beragan perawatan lainnya, hingga proses panen datang.

Kelebihan dari metode ini adalah keuntungan akan sepenuhnya menjadi milik anda sendiri, karena memang anda hanya akan mengandalkan diri anda sendiri di setiap proses ternak yang harus dilakukan. Jadi capeknya juga kita tanggung semua sendiri tapi, namanya juga sedang merintis jadi perlu sedikit pengorbanan. Hingga jika nanti usaha anda sudah berkembang baru anda bisa mulai mempekerjakan orang lain untuk membantu anda.

 

 

2. Sistem kemitraan

Sistem kemitraan atau kerja sama. Sistem ini melibatkan dua pihak yakni antara kita sebagai peternak dan perusahaan sebagai pemilik modal. Dengan sistem ini tugas seorang peternakan hanya akan terbatas pada menyiapkan kandang yang sesuai dan merawat ayam-ayam hingga masa panen tiba. Sedangkan urusan lainnya seperti biaya obat, pakan, dan lain-lain akan ditanggung oleh perusahaan.

 

 

Kelebihan dan Kekurangan Sistem Kemitraan

Kelebihan dari sistem ini adalah peternak hanya membutuhkan sedikit modal untuk membangun kandang, dan untuk masalah biaya yang lain-lain akan dibantu oleh perusahaan. Selain itu kita juga menjadi lebih terjamin untuk masalah pemasaran dari hasil ternak kita nanti. Jadi kita tidak usah bingung mencari pembeli untuk ayam pedaging yang kita ternak.

Ada kelebihan tentunya pasti ada kekurangan, kekurangan dari metode ini adalah kita jadi tidak memiliki kuasa untuk menentukan berapa harga untuk ayam yang kita ternak, karena semuanya sudah ditentukan oleh perusahaan. Perusahaan menentukan harga di awal kontrak, jadi harga jual ayam kita adalah sesuai dengan harga kontrak yang kita buat dengan perusahaan dan tidak mengikuti mekanisme pasar. Dan ini jelas membuat keuntungan yang kita dapat dari beternak ayam menjadi lebih terbatas.

 

 

Sumber : https://anekabudidaya.com/