jaketkulitgarut.co.id

Situs jaketkulitgarut.co.id yang membagikan informasi dunia teknologi informasi dan komunikasi , dan beberapa tips menarik.

SUMBER-SUMBER SEJARAH

SUMBER-SUMBER SEJARAH

SUMBER-SUMBER SEJARAH

Berdasarkan pengertian sejarah yang telah diuraikan di atas, sumber sejarah sendiri merupakan semua hal yang menjadi pokok dari sejarah tersebut. Mohammad Yamin mengemukakan bahwa sumber sejarah adalah kumpulan benda-benda hasil kebudayaan yang bisa digunakan sebagai bukti sejarah.

Mohammad Ali juga mengemukakan bahwa sumber sejarah adalah segala hal yang bermanfaat dalam penelitian sejarah. Mulai dari zaman purba hingga saat ini, baik sumber tersebut yang memiliki wujud ataupun tidak berwujud.

Sumber sejarah sendiri biasanya terdiri dari:

1. SUMBER BENDA

Sumber sejarah yang paling umum ditemukan dan digunakan oleh para ahli adalah sumber benda. Sumber ini bisa berupa artefak peninggalan kebudayaan peradaban manusia di masa lampau. Sumber benda misalnya saja adalah candi, gerabah, batuan, perhiasan, patung, kapak, dan lain sebagainya.

2. SUMBER TULISAN

Sumber ini berasal dari hasil tulisan manusia di masa lampau yang masih bisa ditelusuri hingga saat ini dan digunakan dalam penelitian sejarah. Sumber tulisan misalnya saja adalah babad, naskah, kitab, surat kabar, dokumen penting, rekaman, dan lain sebagainya.

3. SUMBER LISAN

Sumber lisan ini berupa keterangan mengenai sebuah peristiwa sejarah dari orang yang langsung menjadi pelaku atau saksi sejarah tersebut. Contoh sumber lisan ini misalnya adalah kesaksian anggota PETA, kesaksian pejuang kemerdekaan di jaman penjajahan Jepang, dan lain sebagainya.

Namun yang perlu digarisbawahi adalah bahwa sumber lisan ini menjadi sumber sekunder dalam sejarah. Seorang ahli sejarah tidak lantas serta merta mempercayai sumber lisan ini, namun harus ditambah dengan adanya sumber lain baik tertulis ataupun benda.


Sumber: https://mayrhofen-harakiri.com/rom-toolbox-pro-apk/

jaketkulitgarut

Kembali ke atas