teknik dalam menyusun informasi secara deduktif

teknik dalam menyusun informasi secara deduktif

teknik dalam menyusun informasi secara deduktif

teknik dalam menyusun informasi secara deduktif

 

Menyusun simpulan informasi secara deduktif atau induktif

Merangkum dapat diartikan menuliskan kembali bacaan ke dalam bentuk yang lebih singkat atau pendek sebab pada dasarnya berisi kumpulan beberapa gagasan utama (ide pokok). Melalui rangkuman, Anda dapat lebih mudah mengingat inti dari bacaan. Selain itu, jika suatu saat memerlukan informasi bacaan tersebut, kita dapat memanfaatkan rangkumannya. kita tidak perlu membaca lagi wacana yang panjang secara keseluruhan jika kita ditanya tentang isi teks tersebut. kita dapat menjawabnya berdasarkan hasil rangkuman. Kegiatan ini sangat berguna dalam mengefektifkan belajar.

 

Selain merangkum, terdapat teknik lain yang lebih singkat

yakni menyimpulkan. Menyimpulkan berarti menyusun atau mengikhtisarkan informasi dengan menggunakan beberapa kalimat yang singkat dan padat. Penyusunan simpulan dapat dilakukan dengan cara pendekatan induksi dan pendekatan deduksi. Jika induksi bersifat generalisasi maka deduksi bersifat spesifikasi (pengkhususan).

 

Dalam hal penalaran, keduanya bekerja sama:

hal-hal khusus menuntun menuju generalisasi, dan generalisasi menggiring pada penerapan atau spesifikasi. Ketika kita menerapkan generalisasi yang dihasilkan dari penalaran induktif, maka saat itu kita juga melakukan penalaran deduktif. Dalam induksi,kita perlu mengumpulkan bahan atau fakta secara memadai sebelum sampai pada suatu simpulan.

 

Semakin banyak fakta yang dikumpulkan, akan semakin tinggi

tingkat kebenaran kesimpulan itu. Sebaliknya, dalam deduksi kita telah mengetahui kebenaran secara umum, kemudian bergerak menuju pengetahuan baru tentang kasus- kasus atau gejala-gejala khusus. Pendeknya, deduksi adalah proses berpikir yang bertolak dari sesuatu yang umum (prinsip, hukum, teori, atau keyakinan) menuju hal-hal yang khusus. Berdasarkan sesuatu yang umum itu, ditariklah kesimpulan tentang hal-hal yang khusus yang merupakan bagian dari kasus atau peristiwa khusus itu.

Baca Juga L