jaketkulitgarut.co.id

Situs jaketkulitgarut.co.id yang membagikan informasi dunia teknologi informasi dan komunikasi , dan beberapa tips menarik.

Teori Rational Emotive Behavior Therapy

Teori Rational Emotive Behavior Therapy

Teori Rational Emotive Behavior Therapy atau REBT merupakan teori belajar kognitif behavior yang lebih menekankan pada keterkaitan antar perasaan, tingkah laku dan juga pikiran.

Teori ini dikembangkan oleh Albert Ellis lewat beberapa tahapan dan menggunakan pandangan dasar jika manusia merupakan individu yang mempunyai tendensi untuk berpikir irasional yang bisa didapat lewat belajar sosial. Selain itu, individu juga mempunyai kapasitas untuk belajar kembali untuk berpikir secara rasional.

Pendekatan ini dilakukan untuk membuat individu mengubah pikiran irasional menjadi rasional dengan menggunakan teori GABCDE.

  1. Teori Realitas

Teori realitas merupakan jenis terapi dalam psikologi merupakan teori yang dikembangkan oleh William Glasser yang merupakan seorang psikolog asal California. Ciri dari teori ini adalah tidak hanya terpaku pada kejadian masa lalu namun mendorong konseli untuk bisa menghadapi realistas.

Dalam teori ini tidak memberikan perhatian pada motif bawah sadar seperti dalam psikoanalisis namun lebih menekankan pada perubahan tingkah laku agar bisa lebih tanggung jawab dalam menyusun dan melakukan tindakan.

  1. JELASKAN DAN BERI CONTOHNYA, PRINSIP UMUM DAN KHUSUS BK

JAWAB :

  1. prinsip-prinsip umum
  2. Bimbingan harus berpusat pada individu yang dibimbing nya antara dua orang individu tidak ada yang sama artinya tiap-tiap individu memiliki karakteristik yang berbeda meskipun dua orang individu memiliki massa langsung sama tetapi bisa dipastikan wallpaper penyebabnya berbeda oleh sebab itu ketika pembimbing memberikan bimbingan kepada seseorang (misalnya Ani) maka semua persoalan harus digali dari ani.
  3. Bimbingan diarahkan kepada pemberi kan bantuan agar individu yang dibimbing mampu mengarahkan dirinya dan menghadapi kesulitan kesulitan dalam hidupnya
  4. Pemberian bantuan disesuaikan dengan kebutuhan individu siswa yang dibimbing antara individu yang satu dengan lainnya berbeda demikian juga dengan kebutuhannya kalau sebab itu pemimpin harus memahami perbedaan kebutuhan tersebut agar bisa memberikan bantuan bimbingan sesuai kebutuhan individu.
  5. Bimbingan berkenaan dengan sikap dan tingkah laku individu bimbingan dan konseling diberikan kepada individu dengan tujuan agar ini terjadi perubahan perilaku individu ke arah yang lebih baik
  6. Pelaksanakan bimbingan dan konseling dimulai dengan mengidentifikasikan kebutuhan yang dirasakan individu yang dibimbing. Individu atau siswa memiliki beragam kebutuhan, oleh sebab itu, dalam pemberian bantuan harus diawali dengan mengidentifikasi berbagai kebutuhan individu atau siswa yang bersangkutan
  7. Upaya pemberian bantuan pelayanan bb-an aku pening harus dilaksanakan secara fleksibel atau tidak Kaku artinya harus bisa menyesuaikan dengan kondisi
  8. Program di menyenangkan sehingga arus dirumuskan sesuai dengan program pendidikan dan pembelajaran di sekolah atau matras yang bersangkutan bimbingan dan konseling di sekolah dilakukan dalam rangka mendukung implementasi program pendidikan dan pembelajaran oleh super itu perumusan programnya harus disesuaikan dan sinergi dengan program sekolah dan madrasah yang bersangkutan

baca juga :

jaketkulitgarut

Kembali ke atas